Undang 4 Menteri Jokowi, Hamdan Zoelfa Sebut MK Beri Perhatian pada Proses Pilpres Bukan Hanya Hasil
Kapten Timnas AMIN M Syaugi (kiri), dan Ketua Dewan Penasihat Tim Hukum Nasional AMIN Hamdan Zoelva memberikan keterangan pers di Markas Timnas AMIN, Jl Diponegoro, Jakarta Pusat, Kamis (28/12/2023).? (SALMAN TOYIBI/JAWA POS)
22:48
1 April 2024

Undang 4 Menteri Jokowi, Hamdan Zoelfa Sebut MK Beri Perhatian pada Proses Pilpres Bukan Hanya Hasil

 

- Mantan Pimpinan Mahkamah Konstitusi (MK) Hamdan Zoelva menilai langkah hakim MK mengundang empat menteri kabinet Indonesia Maju dalam sidang perkara pemilu patut diapresiasi. Menurutnya, hal itu menunjukkan bahwa masalah penyaluran bansos penting digali dalam perkara Pemilu 2024.

“Itu menunjukkan masalah bansos yang menjadi sumber masalah dalam pilpres ini hendak ditelusuri oleh Majelis Hakim,” ujar Hamndan kepada wartawan, Senin (1/4).   Ketua Dewan Pakar Tim Nasional pemenangan Anies-Muhaimin (Timnas AMIN) itu mengatakan bahwa hakim MK melihat permasalahan Pilpres 2024 bukan hanya pada hasil tapi lebih ke prosesnya.   “Hal ini juga membuktikan bahwa hakim memperhatikan masalah proses jadi tidak kaku pada hasil, tidak leterlek pada angka-angka tapi mengadili masalah prosesnya,” jelasnya.   “Dengan penelusuran lebih jauh itu memberi jalan untuk lebih mendalami kasus ini dan akan kelihatan terang benderang setelah 4 menteri tersebut memberi keterangan,” pungkas Hamdan.   Sebelumnya, Mahkamah Konstitusi (MK) akan memanggil empat menteri kabinet Indonesia Maju untuk hadir ke dalam sidang pembuktian perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) atau sengketa hasil Pilpres 2024. Mereka dijadwalkan hadir pada Jumat (5/4) mendatang.   "Hari Jumat akan dicadangkan untuk pemanggilan pihak-pihak yang dipandang perlu oleh Mahkamah Konstitusi berdasarkan hasil rapat yang mulia para hakim tadi pagi," kata Ketua MK Suhartoyo di Gedung MK, Jakarta, Senin (1/4).

Editor: Dimas Ryandi

Tag:  #undang #menteri #jokowi #hamdan #zoelfa #sebut #beri #perhatian #pada #proses #pilpres #bukan #hanya #hasil

KOMENTAR