Kaesang Ungkap Isi Pertemuan dengan Sri Sultan, Dapat Wejangan soal Kepemimpinan
Ketua Umum (Ketum) PSI Kaesang Pengarep bersama istri Erina Gudoni sowan ke kediaman Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono X pada Minggu (14/1/2024).(Tangkapan layar akun Instagram @kaesangp)
22:56
14 Januari 2024

Kaesang Ungkap Isi Pertemuan dengan Sri Sultan, Dapat Wejangan soal Kepemimpinan

- Ketua Umum (Ketum) PSI Kaesang Pengarep mengungkapkan isi pertemuannya dengan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono X pada Minggu (14/1/2024).

Kaesang sowan didampingi istrinya, Erina Gudono, sekitar pukul 09.00 WIB pagi.

Kegiatan sowan di Kantor Gubernur DIY, Kompleks Kepatihan, Gedhong Wilis, Kota Yogyakarta digelar secara tertutup.

"Sudah dijawab di Instagram saya saja," kata Kaesang di Gunung Kidul, Yogyakarta, Minggu (14/1/2024).

Dilihat dalam akun Instagram resminya, @kaesangp, anak bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu mengaku banyak bercerita dari Sultan.

Sultan juga memberikan wejangan tentang kepemimpinan kepada Kaesang. Namun, ia tak menjelaskan rinci soal wejangan itu.

"Ngarso Dalem juga memberikan wejangan tentang kepemimpinan dan mengajak saya untuk selalu menjaga silaturrahmi dengan semua pihak," ungkap Kaesang seperti dikutip dari akun Instagramnya.

Selama peetemuan, Kaesang dan istri juga dijamu teh dan jajanan pasar.

Bagi Kaesang, Yogyakarta selalu menjadi tempat yang nyaman untuk pulang.

"Sambil ngeteh dan makan jajanan pasar, kami bertukar cerita dan mendengar banyak pengalaman unik dari Ngarso Dalem selama memimpin Yogyakarta," imbuh dia.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) DIY Beny Suharsono mengatakan, Kaesang tak menggunakan atribut partai ketika silaturahmi ke Kantor Gubernur DIY.

Menurut Beny kedatangan Kaesang untuk bersilaturahmi dengan Gubernur DIY dan berdialog soal situasi terkini bangsa Indonesia.

Beny mengatakan ada beberapa hal yang menarik dari pembahasan Kaesang dan Sultan, yakni Kaesang ingin mendapatkan masukan dari Sultan mengingat Kaesang saat ini adalah ketua umum partai.

"Menurut saya yang menarik, karena beliau adalah pemimpin muda ingin mendapatkan banyak masukan. Ngarsa Dalem kan juga pernah memimpin hal yang sama dulu, bahkan 3 periode (pasca keluarnya UU Keistimewaan) sehingga pelan-pelan itu disampaikan ke Mas Kaesang," ujarnya.

Dia menambahkan Sultan selalu terbuka menerima kunjugan tokoh-tokoh politik. Hal itu untuk membuktikan bahwa Sultan tetap netral dan tidak hanya bertemu salah satu tokoh politik saja.

Editor: Rahel Narda Chaterine

Tag:  #kaesang #ungkap #pertemuan #dengan #sultan #dapat #wejangan #soal #kepemimpinan

KOMENTAR