Catatan Buruk Philippe Troussier vs Timnas Indonesia: 5 Pertandingan, 5 Kekalahan
Pelatih Timnas Vietnam Philippe Troussier (tengah) saat pertandingan melawan Timnas Indonesia pada matchday ketiga Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (21/3/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]
22:24
26 Maret 2024

Catatan Buruk Philippe Troussier vs Timnas Indonesia: 5 Pertandingan, 5 Kekalahan

Timnas Indonesia back to back kemenangan atas Vietnam dalam matchday keempat Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia yang digelar di Stadion My Dinh, Hanoi, Selasa (26/3/2024) malam WIB.

Pasukan Garuda menang 3-0 melalui sumbangan gol Jay Idzes, Ragnar Oratmangoen dan Ramadhan Sananta.

Hasil itu membuat peluang Indonesia melaju ke babak ketiga semakin terbuka. Mereka tinggal mencari satu kemenangan dalam dua laga kandang tersisa melawan Iraq dan Filipina.

Berbanding terbalik, kekalahan itu memperpanjang rekor buruk pelatih Vietnam, Philippe Troussier yang tak pernah menang atas Timnas Indonesia. 

Lima kali menghadapi pasukan Merah Putih, juru taktik asal Perancis itu selalu menelan kekalahan.

Dari data yang dihimpun Suara.com, kekalahan perdana Troussier terjadi pada tahun 2004 silam saat dirinya menangani Timnas Qatar di Piala Asia.

Berstatus sebagai unggulan, Qatar secara mengejutkan kalah 1-2 dari Timnas Indonesia lewat gol Budi Sudarsono dan Ponaryo Astaman di Workers Stadium, 18 Juli 2004.

Apesnya, Troussier langsung dipecat dua hari setelah hasil menyakitkan itu.

Pertemuan kedua terjadi 19 tahun berselang atau saay SEA Games 2023 Kamboja. Vietnam yang dilatih Troussier 2-3 dari Indonesia di babak semifinal.

Skuad asuhan Indra Sjafri kemudian keluar sebagai juara setelah menang atas Thailand di partai puncak.

Kekalahan ketiga kemudian dialami Philippe Troussier saat dirinya membesut Vietnam untuk Piala Asia Qatar 2023.

Vietnam kalah 0-1 dari Timnas Indonesia yang diasuh Shin Tae-yong lewat gol Asnawi Mangkualam sekaligus tersingkir dari Piala Asia Qatar 2023.

Bak menerima kutukan, Philippe Troussier kembali menyaksikan Vietnam kalah di dua laga beruntun dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Setelah kalah 0-1 di Jakarta pekan lalu, Vietnam kembali dipermalukan tiga gol tanpa balas di kandang sendiri.

Editor: Ronald Seger Prabowo

Tag:  #catatan #buruk #philippe #troussier #timnas #indonesia #pertandingan #kekalahan

KOMENTAR