Perkumpulan Warga Muda Sambut Baik Ajakan Kolaborasi dalam Indonesia Future Network
Kantor Staf Presiden (KSP) menginisiasi program Indonesia Future Network (IFN). (Istimewa)
12:48
23 Maret 2024

Perkumpulan Warga Muda Sambut Baik Ajakan Kolaborasi dalam Indonesia Future Network

–Kantor Staf Presiden (KSP) menginisiasi program Indonesia Future Network (IFN). IFN merupakan wadah bagi anak-anak muda berbagai latar belakang untuk berjejaring, berbagi ide, dan merumuskan solusi, untuk tantangan masa depan Indonesia.

Hal itu pun mendapatkan sambutan positif dari Perkumpulan Warga Muda.

”Kami merasa terhormat dapat turut berkontribusi dalam program IFN ini. Sebagai perkumpulan yang berfokus mendorong partisipasi dan representasi anak-anak muda Indonesia, Warga Muda senantiasa berusaha mengembangkan kolaborasi lintas sektor untuk pembangunan bangsa,” ujar Direktur Eksekutif Perkumpulan Warga Muda Bilal Sukarno.

Menurut dia, sinergi publik-swasta-masyarakat (Public-Private-People Partnership/4P) penting dalam agenda pembangunan. Menyambut Indonesia Emas 2045, IFN menjadi salah satu upaya mendorong keterlibatan semua sektor tersebut.

”Perkumpulan Warga Muda berusaha secara konsisten menginisiasi dan menguatkan 4P untuk berkontribusi sekaligus bekerja sama dalam agenda-agenda pembangunan sumber daya manusia,” ucap Bilal Sukarno.

Melalui IFN, kata Bilal, anak-anak muda dari berbagai sektor seperti swasta, pemerintah, LSM, dan organisasi lain, dapat mengintegrasikan visi dan ide mereka untuk Indonesia masa depan. Diskusi dan rekomendasi IFN akan menjadi masukan berharga bagi pemerintah dalam merumuskan kebijakan untuk mencapai Indonesia Emas 2045.

”Generasi muda adalah kunci keberhasilan pembangunan bangsa. Kami mengapresiasi Kantor Staf Presiden yang membuka ruang aspirasi bagi kami untuk turut berkontribusi melalui IFN ini,” ujar Bilal Sukarno.

IFN akan digelar sebulan sekali mulai Februari hingga September, mengumpulkan anak-anak muda yang saat ini berada di middle management dari berbagai bidang untuk berdiskusi memecahkan permasalahan. Mulai dari isu kesehatan, kebijakan publik, pendidikan, pangan, energi dan lingkungan, industri, serta teknologi informasi dan komunikasi.

IFN merupakan program kolaborasi multipihak antara Kantor Staf Presiden dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, Pijar Foundation, dan Perkumpulan Warga Muda.

Editor: Latu Ratri Mubyarsah

Tag:  #perkumpulan #warga #muda #sambut #baik #ajakan #kolaborasi #dalam #indonesia #future #network

KOMENTAR