[POPULER NASIONAL] Nasdem Tanggapi Isu Kerja Sama Anies-Ganjar | Mahfud MD Dituduh ''Abuse of Power''
Capres nomor urut satu Anies Baswedan (kanan) menyampaikan pendapat disaksikan capres nomor urut tiga Ganjar Pranowo saat adu gagasan dalam debat ketiga Pilpres 2024 di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (7/1/2024). Debat kali ini bertemakan pertahanan, keamanan, hubungan internasional, globalisasi, geopolitik, dan politik luar negeri. (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)
05:04
14 Januari 2024

[POPULER NASIONAL] Nasdem Tanggapi Isu Kerja Sama Anies-Ganjar | Mahfud MD Dituduh ''Abuse of Power''

- Partai Nasdem buka suara menanggapi pernyataan calon presiden (capres) nomor urut 3 Ganjar Pranowo soal peluang bekerja sama dengan capres nomor urut 1 Anies Baswedan.

Menurut Nasdem, seharusnya Ganjar sebagai rival berharap bisa berhadapan dengan Anies jika pemilihan presiden (Pilpres) digelar 2 putaran.

Sedangkan Tim Kampanye Nasional (TKN) capres-cawapres nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming menuduh cawapres nomor urut 3 Mahfud MD menyalahgunakan kekuasaan terkait kampanye.

1. Respons Kerja Sama Ganjar dan Anies di Putaran Kedua, Nasdem: Kenapa Tak Berpikiran Ganjar dan Anies Berhadapan?

Wakil Ketua Umum Partai Nasdem Ahmad Ali mempertanyakan sikap calon presiden (capres) nomor urut 3 Ganjar Pranowo yang menyatakan membuka peluang untuk bekerja sama dengan capres nomor urut 1 Anies Baswedan.

Menurut dia, kedua kubu masih mungkin berhadapan dalam putaran kedua Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

“Saya enggak mengerti cara pikirnya, apakah Mas Ganjar sudah putus asa? Kenapa dia tidak berpikir di putaran kedua bisa berhadapan sama Anies?” ujar Ali pada Kompas.com, Jumat (12/1/2024).

Baginya, komunikasi yang ditunjukan Ganjar dengan Anies dan cawapresnya, Muhaimin Iskandar tak begitu berarti saat ini.

Pasalnya, kedua kubu masih harus memikirkan kontestasi putaran pertama Pilpres 2024.

“Kita enggak tahu rahasia Tuhan kan. Semua kemungkinan-kemungkinan itu (masih mungkin) terjadi, mengapa kita melakukan hal yang sia-sia?” ucap dia.

Terakhir, ia mengklaim belum ada komunikasi antara kubu capres-cawapres nomor urut 1 Anies-Muhaimin dan capres-cawapres nomor urut 2 Ganjar-Mahfud MD.

Ali menekankan, jika figur-figur yang membangun percakapan keduanya hari ini tidak mewakili sikap Koalisi Perubahan.

“Tapi bahwa ada personal-personal yang membangun komunikasi monggo silahkan, tapi tidak mewakili Nasdem dan koalisi,” imbuh dia.

 

2. TKN Prabowo-Gibran Tuding Mahfud Salahgunakan Kantor Kemenko Polhukam untuk Buka Posko Pengaduan Pemilu

Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 3 Mahfud MD ditemui di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Selasa (9/1/2024).KOMPAS.com/NICHOLAS RYAN ADITYA Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 3 Mahfud MD ditemui di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Selasa (9/1/2024).

Tim Kemenangan Nasional (TKN) Prabowo-Gibran mengungkap adanya dugaan abuse of power atau penyalahgunaan kekuasaan yang dilakukan calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 3 Mahfud MD.

Wakil Komandan Alpha (Teritorial) TKN Prabowo-Gibran, Fritz Edward menyebut penyalahgunaan kekuasaan yang dilakukan Mahfud yakni dibukanya Posko Pengaduan Pelanggaran Pemilu di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Jalan Medan Merdeka Barat Nomor 15, Jakarta Pusat, Jakarta.

Ia menyebut pembukaan posko ini sebagai bentuk dugaan pelanggaran pemilu yang terstruktur, sismatis, dan masif.

"Salah satu kecurangan TCM (terstruktur, sistematis, dan masif), satu misalnya adanya pembukaan Posko Pengaduan Pelanggaran Pemilu yang berkantor di kantor Kemenko Polhukam," kata Edward dalam konferensi pers di Media Center TKN Prabowo-Gibran, Jakarta, dikutip dari Kompas TV, Jumat (12/1/2024).

Mahfud yang merupakan cawapres dari Ganjar Pranowo saat ini masih berstatus sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan.

Dengan adanya pendirian posko tersebut, Edward menilai terdapat potensi penyalahgunaan kekuasaan yang dilakukan Mahfud. Ia khawatir pendirian posko ini dapat menimbulkan konflik kepentingan.

"Kami melihat ini adanya potensi penyalahgunaan kewenangan atau abuse of power yang dapat menimbulkan konflik kepentingan dalam jabatan sebagai Kemenko Polhukam dalam kepentingan sebagai cawapres," tegas Edward.

Tag:  #populer #nasional #nasdem #tanggapi #kerja #sama #anies #ganjar #mahfud #dituduh #abuse #power

KOMENTAR