Menggelegar! Bahar Bin Smith: Mau Anies, Prabowo atau Ganjar yang Curang, Kami Lawan
Habib Bahar bin Smith. (ANTARA Foto/Raisan Al Farisi)
20:08
21 Maret 2024

Menggelegar! Bahar Bin Smith: Mau Anies, Prabowo atau Ganjar yang Curang, Kami Lawan

Pendakwah asal Manado, Sulawesi Utara, Habib Bahar Bin Smith (HBS) menegaskan bahwa ia menduga ada praktik kecurangan selama pelaksanaan kontestasi Pemilu 2024.

Hal ini disampaik HBS saat mengisi acara Maulid Nabi Muhammad SAW di Ponpes Tajul Alawiyyin beberapa waktu lalu. Dengan suara menggelegar, HBS menekan siapapun yang terbukti curang di Pemilu 2024 harus dilawan.

HBS menduga bahwa kecurangan di Pemilu 2024 sudah terstruktur, sistematis dan masif alias TSM. Menurut HBS, hal itu terjadi karena ada campur tangan dari Presiden Joko Widodo.

  • Kirim Pesan Berapi-api: Tidak Ada Kata Damai!

"Saudara-saudara, saya melihat, saya menduga bahwasanya Pemilu yang berlangsung kemarin terdapat kecurangan yang sistematis, pasif. Kecurangan yang sistematis, terstruktur dan masif," ucap HBS seperti dikutip, Kamis (21/3).

"Di situ ada tangan kekuasaan Jokowi, ada tangan kekuasan presiden. Untuk apa? Untuk memenangkan salah satu paslon dari tiga capres tersebut saudara," sambung Bahar bin Smith.

HBS pun sempat menyinggung soal kondisi Indonesia yang ia anggap ingin dijadikan negara dinasti. Negara dinasti yang kata HBS ingin melanjutkan kekuasaan. Karenanya kata HBS, jika terjadi kecurangan di Pemilu 2024 harus dilawan.

Ia menegaskan tak peduli paslon mana yang curang, mau itu 01, 02 ataupun 03, HBS mengatakan di depan jemaahnya untuk melawan praktik kecurangan di Pemilu 2024.

  • -Gibran Menang Pilpres, Habib Rizieq: Kita Hormati yang Menang tapi...

"Karena jikalau seorang pemimpin, siapapun, saya gak bahas mau Anies yang curang, mau Prabowo yang curang, mau Ganjar yang curang, siapapun yang jadi presiden dari hasil curang, tidak jujur, tidak adil, maka dia akan membawa Indonesia pada kerusakan," tegas HBS.

Sementara itu, Habib Rizieq Shihab mengatakan bahwa umat muslim harus siap rida dan menghormati siapapun yang meraih kemenangan di Pilpres 2024. Namun kata Rizieq, hal itu bisa dilakukan jika semua proses dilakukan secara adil dan jujur.

Rizieq Shihab menyampaikan bahwa untuk urusan kecurangan kedzaliman utamanya di kontestasi Pemilu wajib dilawan. Ditegaskan oleh Rizieq bahwa di Islam diajarkan untuk melawan perbuatan curang dan menjunjung tinggi keadilan serta kejujuran.

"Yang penting kita (umat muslim) tetap bersatu, kedzaliman dan kecurangan harus kita lawan," ucap Rizieq Shihab pada penutupan Majelis Ta'lim Al Islam Pimpinan Buya KH. Abdul Majid SE, pada 8 Maret 2024, di Jl. Lontar, Jakarta Pusat.

Pada video yang dilihat, Kamis (21/3), Rizieq menyampaikan bahwa umat muslim harus siap rida dan menghormati siapapun yang dinyatakan sebagai pemenang di Pilpres 2024.

Namun Rizieq menegaskan bahwa rida dan penghormatan itu bisa diberikan jika proses berlangsung adil dan jujur.

"Kita siap menerima hasil Pilpres. Kita siap rida, kita siap menghormati siapapun yang menang tapi harus jujur, tapi harus adil," ungkap Rizieq Shihab.

"Satu karena jujur adil itu ajaran agama, khususnya agama Islam. Yang kedua, karena itu amanat konstitusi dalam undang-undang dasar 1945 disebutkan bahwa negara itu harus menyelenggarakan pemilu luber dan jurdil," jelas Rizieq Shihab.

"Ini amanat konstitusi. Jadi jika ada perangkat negara yang coba-coba gelar pemilu dengan tidak adil maka dia melanggar konstitusi," tambahnya.

Editor: Galih Prasetyo

Tag:  #menggelegar #bahar #smith #anies #prabowo #atau #ganjar #yang #curang #kami #lawan

KOMENTAR