Ganjar Hormati Langkah Surya Paloh yang Berikan Ucapan Selamat kepada Prabowo-Gibran   
Calon Presiden nomor urut 03 Ganjar Pranowo bersama keluarganya menggunakan hak pilihnya pada Pemilu serentak 2024 di TPS 11, Lempongsari, Gajahmungkur, Semarang, Jawa Tengah, Rabu (14/2/2024). (MIFTAHUL HAYAT/JAWA POS)
14:40
21 Maret 2024

Ganjar Hormati Langkah Surya Paloh yang Berikan Ucapan Selamat kepada Prabowo-Gibran  

 

 

-Calon presiden (capres) nomor urut 3 Ganjar Pranowo menyatakan, dirinya menghormati langkah Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh yang telah memberikan selamat kepada pasangan capres-cawapres nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming yang telah resmi menjadi pemenang Pilpres 2024. Menurut Ganjar, setiap partai politik memiliki sikap dan respons yang berbeda atas penetapan hasil Pilpres 2024.

 

"Soal partai lain mereka punya sikap sendiri-sendiri, ya kami sangat menghormati. Maka selain itu, kami akan berkomunikasi lagi kepada beliau-beliau, rasanya fatsun politik itu harus dilakukan," kata Ganjar di Jalan Teuku Umar 9, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (21/3).

Ganjar memastikan, pihaknya akan mengajukan sengketa hasil Pemilu 2024 ke Mahkamah Konstitusi (MK). Sebab, pihaknya menemukan banyak dugaan kecurangan dan pelanggaran yang bersifat terstruktur, sistematis dan masif (TSM).

"Kami akan ke MK ini untuk mengungkap apa yang dari awal sampai dengan akhir yang sudah diceritakan itu sehingga betul-betul tadi Pak Mahfud juga sudah sampaikan bagaimana mengawal demokrasi ini bisa berjalan karena hanya ini yang bisa mengadili apa yang ada, sehingga harapan kita hasil itu pasti sebelumnya ada proses, maka inilah yang harus dibuka semuanya," tegas Ganjar.

Sebelumnya, Ketum Nasdem Surya Paloh menyatakan bahwa pihaknya menerima hasil Pemilu 2024 dan memberikan ucapan selamat kepada pasangan presiden dan wakil presiden terpilih, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Hal ini disampaikan Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan hasil Pemilu 2024 di Jakarta pada Rabu (20/3) malam.

"Saya dengan ini menyampaikan ucapan selamat kepada semua partai politik yang berpartisipasi dalam Pemilu 2024, dan kepada ketiga pasangan calon yang terlibat dalam kontestasi pemilihan presiden. Kami dari Partai Nasdem memberikan ucapan selamat kepada pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai pemenang Pilpres 2024," ungkap Surya Paloh.

Meski demikian, Paloh menekankan bahwa partainya tetap mendukung segala upaya dalam mencari keadilan terkait hasil Pemilu 2024. Partai NasDem juga berencana mengajukan gugatan terhadap hasil pemilu, terutama dalam pemilihan anggota legislatif di enam daerah pemilihan (dapil), termasuk tiga dapil di Sumatera, satu dapil di Papua, dan dua dapil di Jawa.

 

"Partai Nasdem mengajak seluruh komponen bangsa untuk selalu mengedepankan kepentingan nasional di atas kepentingan kelompok atau golongan dalam upaya mencari keadilan pasca-pemilu," ucap politisi yang juga dikenal sebagai pengusaha tersebut. (*)

 

 

Editor: Dinarsa Kurniawan

Tag:  #ganjar #hormati #langkah #surya #paloh #yang #berikan #ucapan #selamat #kepada #prabowo #gibran

KOMENTAR