Respons Airlangga Hartarto saat Ditanya Jatah 5 Kursi Menteri: yang Penting Aman
Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto. Ia mengatakan pihaknya belum membahas susunan kabinet dengan capres Prabowo Subianto. Hingga kini, dia masih menunggu keputusan resmi rekapitulasi suara dari KPU. 
21:25
20 Maret 2024

Respons Airlangga Hartarto saat Ditanya Jatah 5 Kursi Menteri: yang Penting Aman

- Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto mengatakan pihaknya belum membahas susunan kabinet dengan capres Prabowo Subianto. Hingga kini, dia masih menunggu keputusan resmi rekapitulasi suara dari KPU.

"Belum resmi jadi ditunggu aja," kata Airlangga ditemui di kediaman Prabowo Jl Kertanegara IV, Jakarta Selatan, Rabu (20/3/2024).

Airlangga pun menanggapi pernyataan dirinya yang sempat meminta jatah 5 kursi kepada Prabowo. Dia pun hanya menjawab santai terkait permintaan jatah tersebut.

"Yang penting aman," ucapnya.

Lebih lanjut, Airlangga menambahkan penentuan jatah kursi bakal ditentukan pada perolehan suara Golkar dalam rekapitulasi suara oleh KPU.

"Kita lihat saja hasil hari ini," pungkasnya.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto berharap partainya mendapatkan 5 kursi menteri di kabinet Prabowo-Gibran.

Hal ini disampaikannya saat memberikan sambutan dalam acara bertajuk Buka Puasa Bersama dan Silaturahmi Bersama Golkar se-Indonesia yang digelar di Badung, Bali pada Jumat (15/3/2024) kemarin.

Awalnya, Airlangga mengatakan, 80-90 persen pemilih Partai Golkar ikut memilih Prabowo-Gibran dalam Pilpres 2024.

"Ini tertinggi sepanjang sejarah. Jadi sejarah yang lalu, presiden dan wapres yang didukung yang bukan dari Golkar hanya didukung 53 persen dari pemilih Partai Golkar," katanya dikutip dari YouTube Kompas TV.

Airlangga mengatakan, hal ini membuktikan Golkar menjadi partai yang paling terdepan dalam mendukung Prabowo-Gibran dalam Pilpres 2024.

Kemudian, sosok yang juga menjabat Menko Perekonomian itu menyebut, Golkar mampu menang di 15 provinsi dari total 38 provinsi di Indonesia.

Dengan kemenangan tersebut, Airlangga berharap Golkar memperoleh jatah lima kursi menteri di kabinet Prabowo-Gibran jika sudah diumumkan menjadi pemenang dalam Pilpres 2024.

"Saya sampaikan ke Pak Prabowo, kontribusi Golkar ke Pak Prabowo karena kita 15 dari 85 persen (pemilih Golkar memilih Prabowo-Gibran), maka kita kontribusi 25 persen. Jadi kalau 25 persen, kalau bagi-bagi, ya banyak-banyak sedikit boleh lah. Kita sebut 5 (kursi kabinet) itu minimal tapi kalau dihitung proporsi 25 persen room masih banyak," kata Airlangga kala itu.

Editor: Malvyandie Haryadi

Tag:  #respons #airlangga #hartarto #saat #ditanya #jatah #kursi #menteri #yang #penting #aman

KOMENTAR