Sampah Musiman di Bali, Bibir Pantai Kedonganan Bak Tertutup Plastik
Sampah yang menumpuk di Pantai Kedonganan, Badung, Bali. [Tangkap Layar @baliprawara]
13:24
19 Maret 2024

Sampah Musiman di Bali, Bibir Pantai Kedonganan Bak Tertutup Plastik

Setiap tahunnya, hampir semua pantai di Bali kedatangan sampah. Sampah-sampah ini bagai polusi yang membuat pemandangan pantai jadi tak indah bahkan jorok.

Pasalnya sampah yang datang bukan hanya sampah organik, melainkan juga anorganik seperti plastik bekas. Hal ini pun membuat bibir pantai yang biasanya dipenuhi pasir jadi seakan tertutup sampah plastik.

Seperti yang terjadi juga di Pantai Kedonganan, Badung, Bali. Video sampah ini beredar di media sosial dan membuat miris.

Sampah dari laut ini selalu jadi sorotan, terlebih Bali merupakan destinasti wisata internasional yang selalu dilihat dunia.

Petugas pun sebenarnya sudah berjibaku dengan penanganan sampah ini, namun tetap saja karena jumlahnya yang besar maka perlu waktu dan alat berat untuk membersihkannya.

“Langganan setiap tahun, saat kondisi angin Barat. Hampir seluruh pantai sisi Barat Kabupaten Badung, “diserbu” sampah laut. Namun menarik, khusus di pantai Kedonganan, sampah laut yang menepi ke pantai, dominan sampah plastik. Seperti yang terlihat di kawasan pantai Kedonganan, Kecamatan Kuta, Badung, Selasa 19 Maret 2024,” tulis akun @punapibali di Instagram.

Warganet pun ikut sedih melihat video ini dan memberikan beragam komentar.

“Dikembaliin lagi sama alam..jadi refleksi ga sih ini..apa yg kita kasi ke alam, alam akan mengembalikan lagi ke kita, ujar @lavina***

“Very sad to see when local fishermans who catching fish from ocean,making money on fishing tours are droping plastic bottles into the ocean.....its insane,its disrespectfull to ocean who feeding ppl and disrespectfull to nature...very sad,” ujar @tim**

“Hacur pantai selatan bali,” ujar @arta**

Editor: Eviera Paramita Sandi

Tag:  #sampah #musiman #bali #bibir #pantai #kedonganan #tertutup #plastik

KOMENTAR