Mahfud MD Tanggapi soal Ancaman Terhadap Anies, Sebut Pelaku Kadang Bukan Musuh: Temannya Sendiri
Cawapres nomor urut 3, Mahfud MD saat memberi keterangan pada wartawan di Yogyakarta. [Hiskia Andika Weadcaksana/Suarajogja.id]
17:36
13 Januari 2024

Mahfud MD Tanggapi soal Ancaman Terhadap Anies, Sebut Pelaku Kadang Bukan Musuh: Temannya Sendiri

Calon wakil presiden (Cawapres) nomor urut 3, Mahfud MD turut menanggapi teror yang diterima oleh Calon Presiden (Capres) nomor urut 1, Anies Baswedan. Menurut Mahfud, kadangkala pelaku teror bukanlah musuh, melainkan teman sendiri.

Hal itu, kata Mahfud MD, kadang disengaja untuk menarik simpati masyarakat. Oleh karena itu, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) RI itu meminta pihak kepolisian untuk melacaknya.

"Kadangkala dari segi ilmu intelijen yang mengancam itu kadangkala bukan musuh, temannya sendiri. Seakan-akan bikin ancaman agar orang tertarik. Itu bisa terjadi," ujar Mahfud di Universitas Hasanuddin Makassar, mengutip Suarasulsel.id, Sabtu.

Sebagai negara hukum, Mahfud MD yakin pihak kepolisian bisa mengungkap pelakunya. Maka menurutnya, polisi harusnya sudah turun tangan tanpa harus menunggu adanya laporan dari Anies Baswedan.

"Ya kalau mau melapor, melapor aja, tapi sebenarnya kalau kejahatan begini ga perlu dilaporin. Polisi harusnya langsung cari, ga usah perlu (nunggu laporan), langsung cari," kata Mahfud.

"Menurut saya Anies ga mesti harus melapor, kan kita punya polisi cyber yang bisa tahu ini darimana, pertama kali (kirim) bisa," lanjutnya.

Adapun saat ini, pihak kepolisian telah menangkap seorang pria yang diduga telah menebar ancaman untuk menembak kepala capres nomor urut 1, Anies
Baswedan. Hal itu dibenarkan oleh Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko.

"Benar (pelaku sudah ditangkap)," kata Truno, Sabtu (13/1/2024).

Menurut Truno, pelaku yang berjenis kelamin laki-laki itu ditangkap di kawasan Jember, Jawa Timur. Meski demikian, ia tidak menyebutkan secara detail kapan pelaku ditangkap dan bagaimana kronologinya.

"(Penangkapan dilakukan oleh) Subdit Siber Ditkrimsus Polda Jatim dibackup Siber Bareskrim Polri," kata Truno.

Editor: Bella

Tag:  #mahfud #tanggapi #soal #ancaman #terhadap #anies #sebut #pelaku #kadang #bukan #musuh #temannya #sendiri

KOMENTAR