Waspada Potensi Cuaca Ekstrem, Simak Tips Menyelamatkan Diri dari Sambaran Petir Menurut Imbauan BMKG
Ilustrasi hujan Petir (Pixabay).
11:32
18 Maret 2024

Waspada Potensi Cuaca Ekstrem, Simak Tips Menyelamatkan Diri dari Sambaran Petir Menurut Imbauan BMKG

 

Beberapa hari lalu BMKG memberikan peringatan terkait adanya potensi cuaca ekstrem yang berlangsung selama sepekan mendatang. 

Peringatan yang diberikan BMKG tidak lain agar seluruh masyarakat selalu waspada dan antisipasi.

Pasalnya, akhir-akhir ini keresahan mulai cuaca ekstrem dan curah hujan yang terus meningkat tengah terjadi di berbagai daerah.

Potensi cuaca ekstrem yang diperkirakan terjadi dalam minggu-minggu ini dapat memicu gangguan pada aktifitas-aktifitas masyarakat, bahkan memicu dampak buruk seperti banjir dan tanah longsor.     

Curah hujan yang diperkirakan terus meningkat berpotensi terjadinya hujan lebat yang dapat disertai angin kencang dan kilat.

Sehingga kewaspadaan masyarakat dan langkah-langkah antisipasi perlu ditingkatkan.

Salah satu hal yang perlu diwaspadai masyarakat yaitu kilat atau petir. Lantaran adanya potensi cuaca ektrem memicu terjadinya fenomena yang terkadang dihiraukan padahal sangat berbahaya.

Perlu diperhatikan, petir dapat menyambar apa saja yang ada dipermukaan bumi, baik itu benda mati maupun benda hidup. Sedangkan efek-efeknya mulai dari yang ringan sampai parah seperti menewaskan.

Dilansir dari BMKG, Senin (18/3), terdapat beberapa langkah untuk menghindari atau menyelamatkan diri dari sambaran petir, diantaranya ialah,

  1. Usahakan tetap berada di dalam ruangan. Apabila sedang di luar ruangan secara tidak sengaja, segera masuk ke dalam ruangan atau mobil.
  2. Pohon menjadi incaran mudah sambaran petir, sedangkan energinya dapat melompat ke tubuh manusia. Maka jika terjadi petir, jangan berlindung di bawah pohon.
  3. Petir akan selalu mencari tempat terbuka untuk melepaskan energinya terkhususnya tanah sebagai incarannya. Jadi jangan berada di tempat yang terbuka, seperti lapangan ataupun tanah kosong.
  4. Jika sedang berteduh di luar ruangan dan tidak sendirian di tempat tersebut, atur jarak tiga sampai lima meter dengan orang lain agar terhindar dari lemparan energi petir.
  5. Sambaran petir juga mudah melontarkan energinya ke permukaan air. Sehingga, apabila sedang berada di dalam kolam renang atau tempat genangan air seperti danau, segera naik dan menjauh dari kolam atau danau tersebut.
  6. Petir biasanya menyambar pada benda-benda yang tinggi seperti menara, tiang listrik dan sebagainya. Jadi jauhi sesuatu yang tinggi di sekitar kita.
  7. Petir akan menyambar apapun bahkan yang tidak kita duga sekalipun. Jadi jika terjadi petir sedangkan posisi sedang mengendarai motor, segera berhenti dan mencari tempat untuk berlindung.
  8. Upaya mengurangi potensi arus listrik petir melewati tubuh kita apabila berada di luar ruangan, dapat dilakukan dengan cara berdiri dengan merapatkan kaki atau berdiri dengan satu kaki.
  9. Jika terjadi petir, pastikan alat komunikasi mati. Karena sinyal yang dipancarkan alat komunikasi tersebut dapat memancing sambaran petir.

Terjadinya petir menjadi salah satu fenomena yang diwaspadai saat intensitas curah hujan lebat. Hal tersebut juga menjadi ciri atau karakteristik cuaca ekstrem, sebab petir berasal dari ketidakseimbangan muatan di dalam awan.

Ketidakseimbangan muatan yang besar antara awan dan lingkungan sekitar lah yang mengakibatkan terjadinya pelepasan aliran listrik dari awan bermuatan. Maka dari itu energi petir dapat menyambar segala hal yang ada di permukaan bumi.

Potensi cuaca ekstrem yang perkirakan terjadi di minggu-minggu ini, selain mengantisipasi terpicunya gangguan-gangguan, juga perlu diperhatikan fenomena-fenomena signifikan di sekitar kita. ***

 

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #waspada #potensi #cuaca #ekstremsimak #tips #menyelamatkan #diri #dari #sambaran #petir #menurut #imbauanbmkg

KOMENTAR