Jika Bule Disuruh Milih Capres Lewat Foto, Paslon Nomor Ini Jadi Juaranya
Ilustrasi tiga Bacapres dan Bacawapres di Pilpres 2024. Debat Capres Perdana Bertema Penegakkan Hukum, HAM Dan Korupsi (Suara.com/Ema)
16:12
14 Maret 2024

Jika Bule Disuruh Milih Capres Lewat Foto, Paslon Nomor Ini Jadi Juaranya

Kontestasi Pilpres 2024 sudah memasuki tahap-tahap akhir rekapitulasi suara di KPU RI. Pada tanggal 20 Maret 2024 nanti, KPU RI akan mengumumkan secara resmi siapa pemenang Pilpres 2024.

Tanggal 20 Maret 2024 menjad waktu untuk KPU RI umumkan hasil Pemilu 2024. Hal ini berdasarkan Pasal 413 UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu.

Di pasal itu berbunyi, KPU menetapkan hasil Pemilu secara nasional dan hasil perolehan suara Pasangan Calon, perolehan suara partai politik untuk calon anggota DPR, dan perolehan suara untuk calon anggota DPD paling lambat 35 (tiga puluh lima) hari setelah pemungutan suara.

Meski pengumuman resmi baru tanggal 20 Maret nanti, paslon 02 Prabowo-Gibran diprediksi akan meraih kemenangan Pilpres 2024 satu putaran.

Nah, jika Prabowo-Gibran dipilih oleh masyarakat Indonesia yang sudah memiliki hak pilih, apakah pasangan ini juga dipilih oleh para bule jika mereka disuruh memilih?

Sebuah video yang diunggah salah satu akun Instagram memperlihatkan sejumlah bule wanita diminta untuk memilih capres-cawapres lewat foto.

Pada video para bule wanita itu memilih dengan melihat foto paslon lewat layar ponsel. Di awal, seorang wanita asing menjatuhkan pilihan kepada paslon 01, Anies-Muhaimin.

Menurut wanita tersebut, jika dilihat dari foto, paslon 01 memiliki wajah yang bahagia dan baik. "Dan terlihat seperti orang yang ramah," ucap wanita tersebut.

Lalu wanita kedua menjatuhkan pilihan kepada paslon 02, Prabowo-Gibran. Menurut wanita kedua, paslon 02 merupakan kombinasi yang bagus antara sosok berpengalaman dan anak muda.

"Aku rasa ini adalah kombinasi yang bagus. Satu sosok yang terlihat berpengalaman dan yang lainnya berusia masih sangat muda. Itu sangat bagus karena generasi muda butuh untuk didengarkan juga," ucap si wanita.

"Aku sangat berharap sosok muda di foto ini mau mendengarkan aspirasi anak muda," sambungnya.

Lalu pada wanita ketiga, ia memilih paslon 01. Menurutnya, terlihat dari foto, pasangan nomor 1 sangat bersahabat. "Mereka juga tersenyum di foto,"

Dari sejumlah wanita bule di video tersebut, mayoritas memilih antara paslon 01 dan 02. Alasan mereka pun hampir sama, mereka menganggap paslon 01 jika dilihat dari foto sangat bersahabat dan ramah.

Sedangkan paslon 02 disebut mereka sebagai duet yang bagus antara sosok pengalaman dan generasi muda.

Sementara itu, nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka dinyatakan sudah memenangkan Pilpres 2024 di 21 provinsi.

Hal itu diketahui dalam rekapitulasi penghitungan perolehan suara tingkat nasional yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Capaian tersebut membuat Prabowo-Gibran memenuhi salah satu syarat untuk memenangkan pilpres dalam satu putaran.

Dalam UU Pemilu, salah satu syarat untuk memenangkan pilpres dalam satu putaran adalah memperoleh minimal 20 persen suara di setengah lebih provinsi di Indonesia. Dalam hal ini, ada 38 provinsi sehingga setengah lebihnya berarti 20 provinsi.

Prabowo-Gibran sendiri tercatat telah meraih 50 persen lebih suara di 20 provinsi yang sudah ditetapkan KPU. Hanya di Provinsi DKI Jakarta raihan suara Prabowo-Gibran di bawah 50 persen, yakni 41 persen.

Editor: Galih Prasetyo

Tag:  #jika #bule #disuruh #milih #capres #lewat #foto #paslon #nomor #jadi #juaranya

KOMENTAR