Keutamaan Surat Al Fath, Surat yang Paling Dicintai Rasulullah Dibandingkan Dunia dan Seisinya
Ilustrasi Alquran. (Istimewa)
11:32
13 Maret 2024

Keutamaan Surat Al Fath, Surat yang Paling Dicintai Rasulullah Dibandingkan Dunia dan Seisinya



Surat Al Fath adalah salah satu surat dalam Alquran dengan jumlah ayat yang tidak terlalu panjang. Surat yang masuk dalam surat Madaniyah (surat yang diturunkan Allah setelah Nabi hijrah dari Makkah ke Madinah) ini hanya memiliki 29 ayat.

Meski jumlah ayatnya tidak terlalu panjang, namun surat Al Fath memiliki sejumlah keistimewaan. Surat Al Fath adalah surat yang selalu dibaca oleh Nabi setiap ayatnya hingga berkali-kali.

Rasulullah bahkan sempat menyebut bahwa surat AL Fath adalah surat yang paling dicintainya daripada dunia dan seisinya.

Dikutip dari laman PCNU Sumenep, dikisahkan bahwa Umar bin Khattab pernah bertemu dengan Nabi Muhammad dalam sebuah perjalanan. Umar sempat bertanya tentang suatu hal hingga tiga kali akan tetapi Rasulullah tidak kunjung memberikan jawaban.

Setelah 3 kali bertanya tak juga mendapat respons, Umar khawatir akan terjadi sesuatu pada dirinya. Pasalnya, Nabi tidak memberikan jawaban. Beberapa saat kemudian Nabi Muhammad merespons Umar dan langsung menepis kekhawatirannya. Rasulullah kemudian bersabda:

“Malam tadi telah turun kepadaku sebuah surat yang lebih aku cintai daripada dunia dan seisinya.

إِنَّافَتَحْنَالَكَ فَتْحًامُبِينًا

Artinya : Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu kemenangan yang nyata. (HR. Al-Bukhari: VII/452 dan At-Tirmidzi: V/385).

Surat Al Fath yang merupakan surat ke-48 dalam Alquran itu memiliki keutamaan bagi orang yang membacanya. Pertama, seolah-olah termasuk orang yang bersama Rasulullah saat penaklukkan Kota Makkah.

Kedua, apabila membaca surat Al Fath di awal bulan Ramadhan, akan mendapatkan penjagaan Allah selama satu tahun.

 

Editor: Nurul Adriyana Salbiah

Tag:  #keutamaan #surat #fath #surat #yang #paling #dicintai #rasulullah #dibandingkan #dunia #seisinya

KOMENTAR