Cek Stok Sembako, Polri Upayakan Pasokan Bahan Pokok dan Distribusi Aman Menjelang Ramadhan
BAHAN POKOK: Salah seorang pedagang Pasar Soponyono Susiyah menakar cabai merah dagangannya (1/11). Harga bahan pokok di pasaran terus naik karena dipicu gagal panen. (ALLEX QOMARULLA/JAWA POS)
22:24
8 Maret 2024

Cek Stok Sembako, Polri Upayakan Pasokan Bahan Pokok dan Distribusi Aman Menjelang Ramadhan

- Sudah heboh beredar di sosial media beberapa wilayah yang mengaku bahwa sulit untuk mendapatkan bahan pokok menjelang bulan Ramadhan.

Bahkan ada beberapa pasar yang sempat menaikan harga jual lantaran barang pokok sempat langka sebelum menjelang bulan Ramadhan.

Polri pun langsung bertindak cepat dengan melakukan cek stok sembako dipasaran menjelang bulan Ramadhan.

Polri berupaya agara bahan pokok tetap mendapatkan pasokan yang stabil dan juga distribusi pangan yang aman hingga bulan Ramadhan.

Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan pengecekan dilakukan oleh Satgas Pangan di seluruh Polda jajaran.

Dengan meninjau pasar wilayah masing-masing guna menjaga dan menjamin stabilitas ketersediaan bahan pokok.

"Harapannya tentu ini dapat menjadikan stabilitas harga bahan pokok penting di masyarakat, sehingga sesuai dengan prosedur dan tentunya masyarakat juga perlu kami imbau tetap menjaga keamanan dan ketertiban," ungkap Brigjen Pol Trunoyudo Wisnu Andiko dikutip PMJ News (8/3).

Brigjen Pol Trunoyudo Wisnu Andiko menjelaskan, pengamanan pasokan dan distribusi pangan dilakukan dengan berbagai pihak terkait.

Di antaranya, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Bulog, pemerintah daerah, asosiasi, dan kementerian lembaga lainnya.

"Tujuannya adalah menjaga stabilitas harga dan ketersediaan bahan pokok bagi masyarakat," ujarnya.

Brigjen Pol Trunoyudo Wisnu Andiko juga memastikan Satgas Pangan dan polda serta jajarannya akan terus melakukan koordinasi dengan instansi terkait terkait sejumlah bahan pokok dipasaran.

Khususnya bersama tim penanggulangan inflasi daerah (TPID) dengan program bahan pokok murah di daerah-daerah.

"Sehingga, ini juga harapannya dapat menekan harga beras. Artinya polri mengamankan dan memastikan ketersediaan hingga distribusi berjalan dengan lancar sampai di tengah-tengah masyarakat," tukasnya.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #stok #sembako #polri #upayakan #pasokan #bahan #pokok #distribusi #aman #menjelang #ramadhan

KOMENTAR