Beredar Video Jemaah Aolia di Gunungkidul Lebih Awal Salat Tarawih, Duluan Puasa?
Puluhan jemaah Aolia di Padukuhan Panggan III, Giriharjo, Panggang, Gunungkidul, Yogyakarta telah melaksanakan salat Tarawih pada Rabu malam (6/3), [ist]
20:52
7 Maret 2024

Beredar Video Jemaah Aolia di Gunungkidul Lebih Awal Salat Tarawih, Duluan Puasa?

Puluhan jemaah Aolia di Padukuhan Panggan III, Giriharjo, Panggang, Gunungkidul, Yogyakarta telah melaksanakan salat Tarawih pada Rabu malam (6/3), sebagai pertanda awal bulan Ramadan.

Salat Tarawih dan witir sebanyak 23 rakaat tersebut digelar di musala Aolia, kediaman imam jamaah Aolia, HK Ibnu Hajar Pranolo.

Momen salat Tarawih ini beredar di media sosial, menunjukkan 3 saf jemaah laki-laki dan 1 saf jemaah wanita, dengan per-saf diisi sekitar 10 orang.

Untuk diketahui, Jemaah Aolia adalah sebuah kelompok masyarakat yang mengikuti ajaran Islam dengan pimpinan karismatik bernama Mbah Benu atau HK Ibnu Hajar Pranolo. Mereka berpusat di Gunungkidul, Yogyakarta, khususnya di wilayah Panggang.

Pemerintah sendiri belum menetapkan 1 Ramadhan 1445 Hijriah. Sidang isbat akan dilakukan pada 10 Maret 2024 untuk memutuskan apakah puasa Ramadhan tahun ini dimulai pada 11 atau 12 Maret.

Sementara, Muhammadiyah telah menetapkan awal Ramadhan pada 11 Maret 2024 dan sebagian jamaah tarekat akan memulai puasa pada 10 Maret 2024.

Perbedaan penetapan awal Ramadhan ini merupakan hal yang lumrah di Indonesia, dan jamaah Aolia memiliki metode hisab sendiri dalam menentukan awal bulan Ramadhan.

Editor: Eliza Gusmeri

Tag:  #beredar #video #jemaah #aolia #gunungkidul #lebih #awal #salat #tarawih #duluan #puasa

KOMENTAR