Di Hadapan Para Guru, Jokowi Bicara Pembangunan SDM Agar Indonesia Jadi Negara Maju
Presiden Jokowi memberikan sambutan di hadapan para guru saat membuka Kongres ke-23 PGRI, di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Sabtu (2/3/2024). 
14:19
2 Maret 2024

Di Hadapan Para Guru, Jokowi Bicara Pembangunan SDM Agar Indonesia Jadi Negara Maju

Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka Kongres ke-23 PGRI, di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Sabtu (2/3/2024).

Dalam sambutannya Presiden menekankan pentingnya membangun sumber daya manusia (SDM) mulai dari segi fisik, kemampuan, hingga karakter.

"Terima kasih kepada bapak ibu guru yang terus membekali para siswa dengan beragam ilmu pengetahuan dan juga budi pekerti," katanya.

SDM menjadi sangat penting mengingat Indonesia memiliki kesempatan emas untuk menjadi negara maju pada tiga periode kepemimpinan nasional ke depan.

Hal itu menurut Presiden berdasarkan penilaian sejumlah lembaga.

"Itu bukan itung-itungan saya, itung itungan Bappenas itung itungan, OECD,  IMF, Word Bank,  semuanya ngitung ada peluang besar untuk melompat menjadi negara maju," katanya.

Kesempatan tersebut  kata Presiden harus benar benar dimanfaatkan. Jangan sampai Indonesia terjebak menjadi negara berkembang, seperti sejumlah negara di Amerika Latin.

"Itu negara-negara di Amerika Latin tahun 50, tahun 60, tahun 70 sudah menjadi negara berkembang, mereka diberi kesempatan karena dalam sebuah peradaban negara itu biasanya sekali diberi kesempatan tapi tidak bisa menggunakan kesempatan itu, akhirnya negara-negara di sana sampai sekarang itu tetap menjadi negara berkembang bahkan ada yang turun levelnya menjadi negara miskin. Jangan sampai itu terjadi di negara kita Indonesia," pungkasnya.

Editor: Muhammad Zulfikar

Tag:  #hadapan #para #guru #jokowi #bicara #pembangunan #agar #indonesia #jadi #negara #maju

KOMENTAR