KPU DKI Beberkan Cara Penyusunan Pertanyaan Debat Kedua Pilkada DKI, Libatkan 8 Komunitas Masyarakat
Paslon RIDO, Ridwan Kamil-Suswono saat menyampaikan visi-misi di debat Pilkada DKI Jakarta 2024. (Sumber: KPU DKI Jakarta)
16:48
27 Oktober 2024

KPU DKI Beberkan Cara Penyusunan Pertanyaan Debat Kedua Pilkada DKI, Libatkan 8 Komunitas Masyarakat

  - KPU DKI Jakarta telah merumuskan sejumlah pertanyaan yang akan ditanyakan kepada paslon di dalam debat kedua Pilkada DKI Jakarta malam ini, Minggu (27/10/2024).    Anggota KPU DKI Fahmi Zikrillah menjelaskan, pertanyaan yang disusun merupakan hasil Focus Group Discussion (FGD) yang telah digelar KPU DKI Jakarta. Dalam FGD itu KPU DKI Jakarta melibatkan 7 kelompok masyarakat.    Dalam FGD, lanjut Fahmi, para perwakilan elemen masyarakat itu menyampaikan aspirasi mereka selama ini.  

  "8 kelompok masyarakat kita libatkan dalam rangka mendengar aspirasi mereka. Mereka kita undang dalam kegiatan FGD," ujar Fahmi kepada JawaPos.com, Minggu (27/10/2024).   Fahmi menjelaskan, pelibatan komunitas dibagi kedalam sub tema pada debat kedua ini. Untuk sub tema Pendidikan dan Kesehatan, KPU DKI Jakarta melibatkan komunitas Akademi Berbagi, Indonesia mengajar dan Skhola tanpa batas.    Kemudian untuk sub tema penanganan ketimpangan sosial ialah Komunitas pancoran, SPRI dan Komunitas Nelayan Marunda.   "Untuk pembangunan ekonomi digital dan umkm yang dilibatkan, pertama Komunitas Tangan di atas dan kedua FOKUS," palar Fahmi.    Hasil FGD tersebut kemudian diramu oleh para panelis untuk dijadikan bentuk pertanyaan. Adapun panelis yang dilibatkan ialah Taufiq F Pasiak, Tauhid Ahmad, Timboel Siregar, Dimas Oky Nugroho, Arif Satria, Felicia Putri Tjiasaka dan M. Imdadun Rahmat.    "Hasil FGD kemudian diramu oleh panelis untuk dirumuskan dalam bentuk pertanyaan," jelasnya.  

Editor: Nurul Adriyana Salbiah

Tag:  #beberkan #cara #penyusunan #pertanyaan #debat #kedua #pilkada #libatkan #komunitas #masyarakat

KOMENTAR