Menhan Prabowo Subianto Terima Pangkat Jenderal Kehormatan dari Presiden Jokowi Hari ini
Kolase foto Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Prabowo Subianto akan menerima kenaikan pangkat kehormatan dari Presiden Jokowi pada Rabu (28/2/2024) hari ini dalam rangkaian acara Rapat Pimpinan TNI-Polri di Mabes TNI Cilangkap Jakarta. 
05:36
28 Februari 2024

Menhan Prabowo Subianto Terima Pangkat Jenderal Kehormatan dari Presiden Jokowi Hari ini

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto akan menerima kenaikan pangkat kehormatan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Rabu (28/2/2024) hari ini.

Rencananya, pangkat kehormatan tersebut akan diberikan Jokowi kepada Prabowo dalam rangkaian acara Rapat Pimpinan TNI-Polri di Mabes TNI Cilangkap Jakarta.

Kapuspen TNI Mayjen TNI Nugraha Gumilar membenarkan, ia mengatakan dalam acara tersebut tidak seluruh menteri hadir hanya menteri-menteri terkait yang akan hadir.

"Iya betul, tidak semua diundang. Hanya pejabat yang terkait" kata Nugraha saat dihubungi Tribunnews.com pada Selasa (27/2/2024).

Terpisah Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid juga mendengar kabar tersebut.

Rencananya ia juga akan menghadiri kegiatan tersebut.

"Dari teman-teman media dengarnya (soal kabar itu) Nanti kita tunggu saja ya esok. Insya Allah esok saya hadir juga," kata dia saat dihubungi Tribunnews.com pada Selasa (27/2/2024).

Namun demikian, ia mengaku tidak kaget apabila penyerahan kenaikan pangkat kehormatan tersebut jadi dilaksanakan hari ini.

Hal tersebut, kata dia, merujuk pada momen ketika Prabowo juga pernah mendapatkan empat tanda bintang kehormatan dari Presiden Joko Widodo pada Agustus tahun 2022.

Empat bintang kehormatan dimaksud adalah Bintang Yudha Dharma Utama yang disematkan oleh Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa, Bintang Kartika Eka Paksi Utama yang disematkan oleh Kepala Staf TNI AD Jenderal TNI Dudung Abdurrahman, Bintang Jalasena Utama yang disematkan oleh Kepala Staf TNI AL Laksamana TNI Yudo Margono, dan Bintang Swa Bhuwana Paksa Utama yang disematkan oleh Kepala Staf TNI AU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo.

"Kita liat esok (hari ini). Tapi jika iya saya tidak terlalu terkejut. Beliau sebelumnya kan sudah diberikan juga empat bintang kehormatan atas prestasi-prestasi beliau. Penyerahan Jendral kehormatan juga sudah pernah terjadi sebelumnya," kata dia.

Juru Bicara Menhan Prabowo, Dahnil Anzar Simanjuntak, juga mengkonfirmasi kabar tersebut.

Ia memastikan Prabowo akan hadir dalam acara ini.

"Benar, besok (hari ini) Pak Prabowo akan hadir di Rapim TNI dan rencananya akan menerima Keppres dari presiden terkait dengan tanda kehormatan berupa kenaikan pangkat secara istimewa menjadi Jenderal TNI," kata dia saat dihubungi Tribunnews.com pada Selasa (27/2/2024).

Dahnil menjelaskan kenaikan pangkat secara istimewa tersebut sesuai dengan Undang-Undang Nomor 20 tahun 2009 tentang gelar tanda jasa dan tanda kehormatan.

Ia mengatakan hal yang sama juga pernah diperoleh oleh Soesilo Bambang Yudhoyono, Luhut Binsar Pandjaitan, AM Hendropriyono dan beberapa tokoh militer lainnya.

"Pemberian Jenderal penuh kepada Pak Prabowo didasarkan pada dedikasi dan kontribusi Pak Prabowo selama ini di dunia militer dan pertahanan. Oleh sebab itu Pak Prabowo diputuskan, diusulkan oleh Mabes TNI kepada presiden untuk diberikan jenderal penuh," kata dia.

"Dan insyaAllah besok (hari ini) Pak Prabowo akan menerima tanda kehormatan kenaikan pangkat istimewa tersebut di Mabes TNI," sambung dia.

Terpisah, Menteri Sekretaris Negara Pratikno memastikan Presiden Jokowi akan menghadiri Rapim TNI-Polri yang rencananya digelar di Jakarta, Rabu, 28 Februari 2024, besok.

"Bapak presiden hadir," kata Pratikno di Istana Kepreisdenan, Jakarta, Selasa (27/2/2024).

Hanya saja Pratikno enggan menjawab saat ditanya mengenai kabar Presiden Jokowi akan memberikan kenaikan pangkat kehormatan kepada Prabowo Subianto dalam acara tersebut.

"Ya lihat saja nanti," katanya.

Pratikno mengatakan bahwa Presiden Jokowi akan memberikan sambutan pada acara tersebut.

Terkait apakah akan ada pemberian kenaikan pangkat kepada Prabowo Subianto, Pratikno meminta untuk menunggunya besok.

"Besok (hari ini) tentu saja ada sambutan dan lain lain, sepeti biasanya lah," katanya.

"Besok (hari ini) acaranya kok, besok acaranya," pungkasnya.

Alasan Prabowo Subianto Dapat Pangkat Jenderal Kehormatan dari Presiden Jokowi

Juru bicara Menteri Pertahanan (Menhan) Dahnil Anzar Simanjuntak membeberkan alasan Prabowo Subianto menerima tanda jenderal kehormatan dari Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Rencananya, pangkat kehormatan tersebut akan diberikan Jokowi kepada Prabowo dalam rangkaian acara Rapat Pimpinan TNI-Polri di Mabes TNI Cilangkap Jakarta, Rabu (28/2/2024).

Ia mengungkapkan, pemberian pangkat kepada Prabowo didasarkan pada dedikasi dan kontribusi Prabowo Subianto di dunia militer dan pertahanan.

"Oleh sebab itu Pak Prabowo diputuskan diusulkan oleh Mabes TNI kepada presiden untuk diberikan Jenderal penuh dan InsyaAllah besok (hari ini) Pak Prabowo akan menerima tanda kehormatan kenaikan pangkat istimewa tersebut di Mabes TNI," kata Dahnil saat dihubungi Tribunnews.com, Selasa (27/2). (tribun network/thf/Tribunnews.com)

Juru bicara Menteri Pertahanan (Menhan) Dahnil Anzar Simanjuntak Juru bicara Menteri Pertahanan (Menhan) Dahnil Anzar Simanjuntak (Istimewa)

Tag:  #menhan #prabowo #subianto #terima #pangkat #jenderal #kehormatan #dari #presiden #jokowi #hari

KOMENTAR