Intip Kecanggihan Pesawat Super Hercules yang Angkut Para Menteri dari Jakarta ke Magelang
Potret pesawat angkut berat C-130J Super Hercules yang mengangkut Kabinet Merah Putih ke Magelang. (Instagram Jenderal TNI Agus Subiyanto)
09:08
25 Oktober 2024

Intip Kecanggihan Pesawat Super Hercules yang Angkut Para Menteri dari Jakarta ke Magelang

 

- Rombongan pejabat teras Kabinet Merah Putih telah bertolak dari Pangkalan Udara (Lanud) TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta Timur ke Magelang, Jawa Tengah pada Kamis (24/10). Pesawat angkut terbaru milik Angkatan Udara, C-130J Super Hercules, menjadi salah satu alat utama sistem persenjataan (alutsista) yang dipakai mengangkut para pejabat tersebut. 

Super Hercules merupakan pesawat angkut berat paling baru di TNI AU. Pengadaan pesawat tersebut berlangsung saat Presiden Prabowo Subianto masih bertugas sebagai menteri pertahanan. Berbeda dengan pesawat Hercules biasa, Super Hercules dilengkapi berbagai teknologi terkini. Menjadikan pesawat angkut itu lebih canggih. 

Berdasar keterangan resmi dari Kementerian Pertahanan (Kemhan), C-130J Super Hercules memiliki panjang 34,69 meter, tinggi 11,9 meter, dan lebar sayap 39,7 meter. Panjang kompartemen kargonya mencapai 16,9 meter, lebar 3,12 meter, dan tinggi 2,74 meter. Pesawat tersebut memiliki kemampuan membawa beban maksimal hingga hampir 20.000 kilogram atau 20 ton. 

Selain itu, Super Hercules dapat memuat 8 palet atau 97 tandu, 128 pasukan tempur, dan 92 pasukan terjun payung. Kecepatan maksimal pesawat angkut berat tersebut adalah 660 kilometer per jam di ketinggian jelajah 6.706 meter. Super Hercules ditenagai oleh empat turboprop Rolls-Royce AE 2100 D yang bisa menghasilkan daya sebesar 4.700 tenaga kuda.

C-130J Super Hercules juga memiliki peningkatan fitur dari tipe pendahulunya. Misalnya peningkatan sistem perlindungan bahan bakar serta sistem penanganan kargo. Terdapat juga perbaikan sistem flight station yang lebih canggih dan sistem avionik digital terintegrasi penuh. Ada pula tampilan layar head-up, serta navigasi canggih yang mencakup sistem navigasi inersia ganda dan GPS.

Editor: Estu Suryowati

Tag:  #intip #kecanggihan #pesawat #super #hercules #yang #angkut #para #menteri #dari #jakarta #magelang

KOMENTAR