Masuk dalam Kabinet Merah Putih, 9 Anggota DPR Bakal Di-PAW
Politikus Partai Golkar Meutya Hafid tiba di Padepokan Garuda Yaksa, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (16/10/2024). (Miftahul Hayat/ Jawa Pos)
20:24
24 Oktober 2024

Masuk dalam Kabinet Merah Putih, 9 Anggota DPR Bakal Di-PAW

- Sejumlah anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) harus meninggalkan jabatan yang diemban kurang dari sebulan. Pasalnya, ada sembilan nama yang dipercaya masuk Kabinet Merah Putih di pemerintahan Prabowo.

Komisioner KPU RI Idham Holik mengatakan, anggota DPR yang menjadi menteri memenuhi syarat untuk dilakukan pergantian antarwaktu (PAW). Yakni, dengan mekanisme mengundurkan diri.

Sesuai ketentuan UU MPR, DPR, DPD, DPRD (UU MD3), pemberhentian anggota DPR harus diusulkan pimpinan partai politik kepada pimpinan DPR.

’’Dengan tembusan kepada presiden,’’ ujar Idham kemarin (23/10).

Paling lama tujuh hari sejak diterimanya usulan pemberhentian, pimpinan DPR wajib menyampaikan usulan tersebut kepada presiden untuk memperoleh keputusan pemberhentian. Presiden kemudian harus meresmikan pemberhentian paling lama 14 hari sejak diterimanya usulan.

Untuk nama penggantinya, Idham menyebut kandidatnya adalah calon anggota DPR yang memperoleh suara terbanyak urutan berikutnya. Itu harus berasal dari partai politik dan daerah pemilihan (dapil) yang sama. ’’Pimpinan DPR menyampaikan nama anggota DPR yang diberhentikan antarwaktu dan meminta nama calon pengganti antarwaktu kepada KPU,’’ kata Idham.

Hingga kemarin, Idham mengaku masih menunggu surat dari partai politik. Pihaknya memiliki waktu lima hari untuk menyampaikan nama berdasar perolehan suara.

Terpisah, Partai Golkar akan memproses PAW dalam 1–2 hari. Partai Beringin sendiri termasuk dalam partai yang banyak mengambil menteri dari anggota terpilih DPR. Di antaranya, Meutya Hafid, Maman Abdurrahman, dan Nusron Wahid.

’’Golkar segera melakukan pergantian antarwaktu,’’ kata Adies Kadir, wakil ketua umum Golkar.

Adies menerangkan, proses PAW harus segera dilakukan terhadap kader yang masuk Kabinet Merah Putih. ’’Karena kami juga ingin tidak ada kekosongan anggota-anggota Fraksi Partai Golkar di komisi-komisi,’’ tandasnya. (far/c7/bay)

Editor: Ilham Safutra

Tag:  #masuk #dalam #kabinet #merah #putih #anggota #bakal

KOMENTAR