OPM Tembak Warga Sipil Hingga Meninggal Dunia, Kodam Pastikan Langsung Kejar Pelaku
Ilustrasi: Anggota OPM. (Antara)
15:16
24 Oktober 2024

OPM Tembak Warga Sipil Hingga Meninggal Dunia, Kodam Pastikan Langsung Kejar Pelaku

 

 


- Kodam XVII/Cenderawasih memastikan bahwa mereka telah mendapat laporan terjadinya peristiwa penembakan masyarakat sipil oleh Organisasi Papua Merdeka (OPM). Peristiwa itu terjadi pada Senin (21/10). Akibatnya seorang warga berinisial J meninggal dunia.

Keterangan itu disampaikan oleh Kepala Penerangan Kodam XVII/Cenderawasih Kolonel Infanteri Candra Kurniawan. Dia menyampaikan bahwa penembakan OPM kepada J terjadi sekitar pukul 18.30 WIT. Lokasi penembakan berada di Distrik Pagaleme, Kabupaten Puncak Jaya, Papua Tengah.

”Aksi penembakan yang dilakukan oleh anggota OPM diduga dari gerombolan OPM Pimpinan Teranus Enumbi, mengakibatkan saudara J meninggal dunia dengan luka tembak pada bagian leher sebelah kanan tembus ke kepala belakang bagian kiri,” terang Candra.

Pasca peristiwa tersebut, petugas gabungan dari TNI-Polri langsung melakukan pengejaran. Mereka mencari Teranus Enumbi dan kelompoknya untuk mempertanggungjawabkan perbuatan yang sudah mengakibatkan seorang warga meninggal dunia. Tidak hanya mengganggu, tindakan OPM merupakan perbuatan melanggar hukum.


”Gerombolan OPM pelaku penembakan yang merupakan penjahat kemanusiaan dan pelanggar HAM ini sedang dalam pengejaran aparat keamanan,” kata perwira menengah dengan tiga kembang di pundak tersebut. 

 

Editor: Kuswandi

Tag:  #tembak #warga #sipil #hingga #meninggal #dunia #kodam #pastikan #langsung #kejar #pelaku

KOMENTAR