Bocoran Budi Arie soal Agenda Pembekalan Menteri Kabinet Prabowo di Magelang
Presiden Prabowo Subianto didampingi Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka berfoto bersama Menteri Kabinet Merah Putih usai pelantikan di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (21/10/2024). Menteri Koperasi, Budi Arie Setiadi, memberikan bocoran agenda retreat di Akademi Militer (Akmil), Gunung Tidar, Magelang, Jawa Tengah. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 
17:17
23 Oktober 2024

Bocoran Budi Arie soal Agenda Pembekalan Menteri Kabinet Prabowo di Magelang

- Menteri Koperasi (Menkop), Budi Arie Setiadi, memberikan bocoran agenda retreat di Akademi Militer (Akmil), Gunung Tidar, Magelang, Jawa Tengah, mulai Kamis (24/10/2024) hingga Minggu (27/10/2024).

Budi mengatakan, para menteri serta wakil menteri (wamen) Kabinet Merah Putih akan berangkat ke Magelang pada Kamis siang.

Menurutnya, pembekalan selama empat hari yang dipimpin oleh Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka ini bertujuan untuk menyolidkan kabinet.

"Besok hari Kamis jam 13.30 akan berangkat ke Magelang menggunakan pesawat Hercules," ucap Budi Arie Setiadi di kawasan Istana Kepresiden, Jakarta, Rabu (23/10/2024).

"Semua menteri dan wamen, sampai hari Minggu. Empat hari untuk mengikuti pembekalan-pembekalan supaya kabinet ini bisa solid dan bisa bekerja buat bangsa, negara, dan rakyat," imbuhnya.

Budi menjelaskan bahwa dirinya belum mengetahui materi apa saja yang akan diberikan selama mengikuti retreat di Magelang.

Meski begitu, ia mengatakan bakal ada kegiatan outbound. Para anggota Kabinet Merah Putih juga akan tidur di tenda.

Ia lantas membeberkan terkait pakaian yang akan dikenakan nanti. Budi menyebut ada seragam warna putih, baju dan jaket loreng, celana loreng, dan sepatu tentara.


Di sana, ucap Budi, nantinya para anggota Kabinet Merah Putih akan dilatih dalam membangun tim dan soliditas.

"Outbound, yang penting kan team building, soliditas, karena permasalahan bangsa ini juga harus diselesaikan secara bersama-sama," ucapnya.

Sementara itu, Menteri Koordinator (Menko) Bidang Infrastruktur dan Pembangunan Kewilayahan, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), juga mengungkapkan persiapan jelang acara ini dimulai.

Menurutnya, seragam lapangan telah dibagikan kepada para anggota Kabinet Merah Putih.

"Persiapannya sesuai dengan yang disampaikan, yang sudah diumumkan, tentu kita ingin mempersiapkan dari mulai seragam."

"Kemarin dibagi juga seragam lapangan, jadi saya rasa akan menjadi kegiatan yang sangat memorable, mengesankan," ucap AHY di Istana Negara, Jakarta, Rabu.

AHY juga mengungkapkan, bagi mereka yang pernah dididik di Akademi Militer (Akmil), kegiatan itu akan menjadi nostalgia.

"Kalau bagi kami yang pernah dididik di sana, di Lembah Tidar, di Akademi Militer akan menjadi nostalgia juga sekaligus mengingat-ingat masa-masa dulu di taruna sana," ungkapnya.

Siapkan 120 Tenda

Dinukil dari TribunJogja.com, Akmil Magelang tengah melakukan persiapan jelang kedatangan presiden, wakil presiden, beserta para menteri dan wakil menteri dengan mendirikan 120 tenda.

Tenda-tenda tersebut didirikan di area Borobudur International Golf & Country Club yang juga menjadi pusat kegiatan pembekalan bagi para pejabat negara selama kunjungan di Magelang.

"Kegiatan utama nanti ada di sekitar lapangan golf Borobudur, kurang lebih ada 120 tenda yang disiapkan," ujar Kepala Penerangan dan Humas Akmil, Letkol (Inf) Muhammad Jafar, melalui Kasi Penerangan Umum Kapten (Cke), Nurul Muntaha, Senin (21/10/2024).

Meski begitu, jumlah tenda ini masih bisa berubah sesuai dengan kebutuhan dan dinamika acara.

Selain menjadi lokasi pembekalan, tenda-tenda itu akan disiapkan sebagai tempat istirahat bagi presiden dan anggota Kabinet Merah Putih.

"Saat ini semua rencana masih berkembang, dan sementara dipusatkan di daerah Lapangan Golf Borobudur." 

"Kami terus mengikuti perkembangan untuk memastikan segala sesuatunya berjalan sesuai rencana," jelasnya.

Menurutnya, fokus utama jelang kedatangan para pejabat negara ialah mengenai kebersihan dan pengelolaan area yang akan dipakai.

"Kami menyiapkan pangkalan akademi militer dari utara hingga selatan dan timur ke barat, termasuk barak dan kantor." 

"Setiap satuan sudah dibagi sektornya masing-masing untuk memastikan area selalu bersih," ujarnya.

Adapun pembersihan dilakukan lebih intensif lantaran kunjungan ini melibatkan presiden dan para menteri meski kegiatan kebersihan rutin sudah dilakukan setiap hari. 

"Kami tingkatkan intensitasnya agar segalanya lebih siap ketika tamu negara datang," ungkapnya.

Sebagian artikel ini telah tayang di TribunJogja.com dengan judul: Akmil Magelang Siapkan 120 Tenda untuk Kegiatan Pembekalan Menteri dan Wakil Menteri.

(Tribunnews.com/Deni)(TribunJogja.com/Yuwantoro Winduajie)

Editor: Bobby Wiratama

Tag:  #bocoran #budi #arie #soal #agenda #pembekalan #menteri #kabinet #prabowo #magelang

KOMENTAR