Mentan dan Menteri PU Jawab Isu 'Orang Dekat' Haji Isam di Kabinet Merah Putih Prabowo
Andi Amran Sulaiman dan Doddy Hanggodo. 
14:52
23 Oktober 2024

Mentan dan Menteri PU Jawab Isu 'Orang Dekat' Haji Isam di Kabinet Merah Putih Prabowo

Andi Amran Sulaiman membantah informasi yang menyebut dirinya dipilih jadi Menteri Pertanian (Mentan) oleh Presiden Prabowo Subianto atas rekomendasi pengusaha Andi Syamsuddin Arsyad alias Haji Isam.  

Amran menegaskan dirinya dipilih sebagai Menteri Pertanian karena seorang profesional.

“Kami professional. (Jadi) menteri ini bukan sekarang kan? Sejak 2014 kan? Swasembada kan?  Profesional enggak? Aku tanya balik, saya tanya balik, jawab dong, jangan cuma nanya,” ucap Amran  Kompleks Istana Kepresidenan, Rabu (23/10/2024) sebagaimana dikutip dari Kompas.TV.

Pengusaha asal Sulawesi ini mengatakan akan fokus pada swasembada pangan setelah dipercaya jadi menteri pertanian.

“Sekarang Kementan mulai kemaren sudah rapat bersama untuk swasembada pangan, tadi pagi kami rapat dengan pimpinan, kami fokus pada swasembada. Ini tidak ringan, beliau (Presiden Prabowo) perintahkan mencapai swasembada sesingkat-singkatnya secepatnya, kami fokus pada target,” ucap Amran.

“Kami yakin ini bisa dicapai, beliau target 4 tahun, sebelumnya kita bisa capai 4 kali swasembada, dapat penghargaan, kami yakin bisa dicapai. Tapi pesan beliau setelah pelantikan pesan khusus swasembada harus dicapai secepatnya,” tambah Amran.

Selain swasembada pangan, Amran lebih lanjut mengatakan program food estate juga akan dilanjutkan.


Sebagaimana diketahui, program food estate sudah berjalan sejak pemerintahan Presiden Joko Widodo.

“Lanjutkan, kita lanjutkan yang sudah dirintis, food estate untuk masa depan negara, ketahanan pangan identik dengan ketahanan negara,” jelasnya.

Sosok Haji Isam

Seperti diketahui Haji Isam kerap disebut crazy rich Kalimantan.

Haji Isam pemilik Jhonlin Group (JG), perusahaan yang bergerak di berbagai bidang mulai dari pertambangan, layanan pelabuhan, transportasi udara hingga manufaktur.

Sebagai kerabat, Amran disebut-sebut pernah bekerja di perusahaan Haji Isam.

Bantahan Menteri PU

Selain Amran, Dody Hanggodo  yang dipercaya Menteri Pekerjaan Umum (PU) di era Prabowo juga disebut-sebut sebagai  'orang Haji Isam'.

Terkait itu, Dody Hanggodo mengakui pernah bekerja dengan Haji Isam

Ia dikabarkan sebagai orang dekat pengusaha asal Kalimantan tersebut.

Dody mengatakan, bekerja dengan Haji Isam merupakan pengalaman yang sudah lama sekali.

"Saya dulu pernah kerja sama beliau dulu-dulu banget. Awal-awal saya kerja sama beliau," kata Dody usai acara sertijab Kementerian PUPR di Jakarta Selatan, Senin (21/10/2024) malam.

Berdasarkan informasi dari laman Keterbukaan Informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), nama Dody Hanggodo terdapat di dalam sebuah dokumen laporan milik PT Pradiksi Gunatama Tbk dan PT Senabangun Anekapertiwi.

PT Senabangun Anekapertiwi merupakan perusahaan afiliasi atau entitas anak dari PT Pradiksi Gunatama Tbk (PGUN).

PGUN dikendalikan oleh PT Araya Agro Lestari dan PT Citra Agro Lestari.

Citra Agro Raya Lestari dan Araya Agro Lestari merupakan entitas usaha yang dimiliki oleh anak Haji Isam, yaitu Jhony Saputra dan Liana Saputri.

Sementara itu, Dody juga menceritakan pengalamannya diminta menjadi Menteri PU

"Kaget, enggak menyangka bisa sampai di sini. Prosesnya panjang. Jadi benar-benar enggak tahu. Kalau ditanya, rasanya campur aduk seperti mahasiswa ujian," ujar Dody.

Ia mengungkap dikontak oleh tim Presiden Prabowo Subianto sekitar bulan Juni dan Juli untuk diberi tahu akan menjadi menteri. 

Hingga akhirnya ia mengikuti pembekalan di kediaman Prabowo di Hambalang, Dody belum mengetahui akan ditunjuk sebagai menteri apa.

"Dipanggil sama timnya Pak Prabowo Juni atau Juli gitu. Even sampai di Hambalang, saya tahu jadi menteri, cuman menteri apa enggak tahu," tutur Dody.

Sumber: Tribunnews.com/Kompas.TV

 

 

 

Editor: Hasanudin Aco

Tag:  #mentan #menteri #jawab #orang #dekat #haji #isam #kabinet #merah #putih #prabowo

KOMENTAR