Dilantik Jadi Menteri Imigrasi dan Pemasyarakatan, Agus Andrianto Resmi Pensiun dari Polri
Wakapolri Komjen Pol Agus Andrianto tiba di kediaman Presiden Terpilih Prabowo Subianto, Kertanegara, Jakarta Selatan, Senin (14/10/2024). (Dery Ridwansah/ JawaPos.com)
07:24
22 Oktober 2024

Dilantik Jadi Menteri Imigrasi dan Pemasyarakatan, Agus Andrianto Resmi Pensiun dari Polri

- Jabatan Wakapolri resmi mengalami kekosongan. Hal itu terjadi setelah Komjen Agus Andrianto dilantik oleh Presiden Prabowo Subianto sebagai menteri Imigrasi dan Pemasyarakatan di Istana Merdeka, Jakarta, pada Senin (21/10).

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan, dengan diangkatnya Agus Andrianto sebagai menteri Imigrasi dan Pemasyarakatan, maka statusnya sebagai anggota Polri sudah selesai alias resmi pensiun.

Pensiun dini Agus Andrianto ditegaskan dengan Surat Keputusan Presiden Nomor 99/Polri/Tahun 2024 tentang Pemberhentian Dengan Hormat Perwira Tinggi Polri terhadap Agus Andrianto.

"Dalam Surat Keppres tersebut telah diputuskan memberhentikan dengan hormat dari dinas Polri bapak Agus Andrianto terhitung mulai tanggal 19 Oktober 2024 dengan hak pensiun Polri," kata Trunoyudo pada Selasa (22/10).

Trunoyudo menambahkan, untuk Purwadi Arianto yang dilantik sebagai Wakil Menteri PAN-RB memang sudah memasuki masa purnatugas per 2 Oktober 2024. Sehingga, tidak ada Keppres seperti Agus yang baru akan pensiun pada Februari 2026.

"Bapak Agus Andrianto dan bapak Purwadi Arianto keduanya merupakan putra terbaik Polri. Terima kasih atas jasa dan pengabdian selama menjadi Bhayangkara Polri. Tentunya Polri juga ucapkan selamat mengemban tugas dan amanah baru untuk kemajuan bangsa dan negara," jelas Trunoyudo.

Sebelumnya, Prabowo Subianto secara resmi melantikan jajaran menteri Kabinet Merah Putih. Kabinet itu nanti akan membantu masa pemerintahan Prabowo-Gibran untuk lima tahun mendatang.

Sementara itu, saat ini belum diketahui siapa yang melanjutkan tongkat estafet untuk jabatan wakapolri. Ke depannya Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo bakal mengusulkan nama wakapolri ke Presiden Prabowo Subianto. 

Editor: Ilham Safutra

Tag:  #dilantik #jadi #menteri #imigrasi #pemasyarakatan #agus #andrianto #resmi #pensiun #dari #polri

KOMENTAR