Mayor Teddy Jadi Seskab Prabowo, Dasco: Posisinya Tak Sejajar dengan Menteri
Mayor Teddy dampingi Prabowo saat menghadiri acara open house di kawasan Kuningan, Jakarta pada Kamis (11/4/2024). 
12:34
21 Oktober 2024

Mayor Teddy Jadi Seskab Prabowo, Dasco: Posisinya Tak Sejajar dengan Menteri

Ketua Harian Partai Gerindra sekaligus Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad mengatakan Mayor Teddy Indra Wijaya tak perlu mundur dari TNI Angkatan Darat (TNI AD).

Hal ini merespons penunjukan Mayor Teddy sebagai Sekretaris Kabinet (Seskab) Presiden Prabowo Subianto.

Dasco menjelaskan sudah ada perubahan dalam nomenklatur kabinet yakni kedudukan Seskab berada di bawah Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg).

"Sehingga dalam susunan organisasinya, Seskab itu ada di bawah Mensesneg dan tidak sejajar dengan menteri," kata Dasco saat dikonfirmasi Tribunnews.com pada Senin (21/10/2024).

Menurutnya, kedudukan Seskab sama seperti Sekretaris Pribadi (Sekpri) atau Sekretariat Militer (Sekmil). 

Dimana bisa diduduki perwira aktif baik TNI maupun Polri setingkat eselon II atau brigadir jenderal. 


"Nah sehingga dengan demikian mayor Teddy tidak perlu mengundurkan diri dari dinas aktif. Karena dalam kedudukannya yang bersangkutan itu hak-haknya adalah setara dengan eselon II," ucap Dasco.

Nama Mayor Teddy Tak Disebut saat Pelantikan Menteri 

Presiden Prabowo Subianto resmi melantik para menteri Kabinet Merah Putih di Istana Negara, Jakarta, Senin (21/10/2024).

Total ada 48 menteri yang dilantik, dengan komposisi 7 menteri koordinator dan 41 menteri teknis.

Selain menteri, Prabowo juga mengangkat kepala lembaga setingkat menteri diantaranya Jaksa Agung RI, Kepala BIN, Kepala Kantor Staf Presiden, dan Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan.

Dalam pelantikan itu, nama baru muncul. 

Dia adalah Luhut Binsar Panjaitan yang dilantik menjadi Ketua Dewan Ekonomi Nasional.

Tak hanya itu, nama ajudan Prabowo Mayor Teddy Indra Wijaya juga tak disebut saat pelantikan.

Padahal pada Minggu (20/10/2024) malam sebelumnya, Teddy diumumkan sebagai Sekretaris Kabinet bersama para menteri lainnya.

Adapun pelantikan tersebut berdasarkan Keppres no 133 P tahun 2024 tentang Pembentukan Kementerian Negara dan Pengangkatan Kementerian Negara Kabinet Merah Putih Periode 2024 dan 2029.

Setelah itu, ada pembacaan Keputusan Presiden (Keppres) nomor 133 P tahun 2024 tentang Pembentukan Kementerian Negara dan Pengangkatan Menteri Negara Kabinet Merah Putih 2024-2029, Keppres 135 P tahun 2024 tentang Pengangkatan Jaksa Agung, Keppres 134 P tahun 2024 tentang Pengangkatan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), Keppres 137 P tahun 2024 tentang Pengangkatan Kepala dan Wakil Kepala Staf Kepresidenan, Keppres 141 P tahun 2024 tentang Pengangkatan Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan, serta Keppres nomor 139 P tahun 2024 tentang Pengangkatan Dewan Ekonomi Nasional

Dalam pelantikan, Prabowo mengucapkan sumpah janji yang diikuti oleh para menteri.

"Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab," demikian bunyi sumpah jabatan tersebut.

 

Editor: Hasanudin Aco

Tag:  #mayor #teddy #jadi #seskab #prabowo #dasco #posisinya #sejajar #dengan #menteri

KOMENTAR