Transkrip Lengkap Sumpah Prabowo dan Gibran saat Dilantik sebagai Presiden-Wapres Periode 2024-2029
Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka mengucapkan sumpah jabatan sebagai Presiden dan Wakil Presiden periode 2024-2029 dalam Sidang Paripurna MPR yang digelar di Gedung MPR/DPR, Senayan, Jakarta pada Minggu (20/10/2024). 
10:57
20 Oktober 2024

Transkrip Lengkap Sumpah Prabowo dan Gibran saat Dilantik sebagai Presiden-Wapres Periode 2024-2029

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2024-2029 di Gedung MPR/DPR pada Minggu (20/10/2024).

Saat dilantik, Prabowo dan Gibran pun mengucapkan sumpah jabatan sebagai orang nomor satu dan dua di Indonesia.

Setelah mengucapkan sumpah, mereka pun menandatangani berita acara pelantikan di depan Pimpinan MPR yaitu Ahmad Muzani, Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul, Kahar Muzakir, Lestari Moerdijat, Rusdi Kirana, Hidayat Nur Wahid, Eddy Soeparno, Edhie Baskoro Yudhoyono alias Ibas, dan Abcandra Muhammad Akbar Supratman.

Kemudian, acara berlanjut dengan sesi pimpinan MPR menandatangani berita acara pelantikan Prabowo dan Gibran sebagai Presiden dan Wapres.

Lalu, ada pertukaran tempat duduk antara Presiden ke-7, Joko Widodo (Jokowi) dengan Prabowo dan Wapres ke-13, Ma'ruf Amin dengan Gibran Rakabuming Raka.

Selengkapnya berikut sumpah jabatan Prabowo dan Gibran sebagai Presiden dan Wapres periode 2024-2029:

Prabowo:

"Bismillahirrahmanirrahim, demi Allah saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya dan memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada nusa dan bangsa."


Gibran:

"Bismillahirrahmanirrahim, demi Allah saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Wakil Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya dan memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada nusa dan bangsa."

Mantan Presiden RI hingga Kepala Negara Sahabat Turut Hadir

Sebagai informasi, acara pelantikan Prabowo-Gibran dihadiri oleh beberapa mantan presiden dan wapres.

Contohnya ada Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono; Wakil Presiden ke-10 dan 12; Jusuf Kalla; Wakil Presiden ke-6, Try Sutrisno.

Namun, Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri tidak bisa hadir karena tengah sakit.

Hal ini dikonfirmasi oleh Ketua DPP PDIP, Deddy Sitorus.

"Sejak awal kita sudah berusaha, Ibu Megawati sudah beberapa hari ini disuntik vitamin terus dan kalau Anda lihat kemarin di UI Ibu masih batuk-batuk," tuturnya.

Sebelumnya, Megawati memang sempat hadir dalam sidang doktoral Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto di Balai Sidang, Kampus Universitas Indonesia (UI), Depok, Jawa Barat pada Jumat (18/10/2024) lalu.

Deddy menuturkan Megawati tetap hadir dalam sidang doktoral Hasto meski sakit karena utang budi.

"Karena Sekjen, Mas Hasto, ambil doktor atas perintah Ibu Megawati, jadi Ibu Mega merasakan terutang budi untuk hadir dalam sidang terbuka kemarin, jadi itu pemaksaan diri," tuturnya.

Selain mantan Presiden dan Wapres RI, ada 33 kepala atau wakil kepala negara sahabat yang turut hadir dalam acara pelantikan ini.

Kemudian, adapula mantan Presiden Uni Emirat Arab, Sheikh Khalifa bin Zayed bin Sultan Al Nahayan.

Lalu, ada pula utusan khusus dari 12 negara yang turut hadir seperti dari Inggris, Amerika Serikat (AS), India, Yordania, Jepang, Italia, Brazil, hingga Fiji.

(Tribunnews.com/Yohanes Liestyo Poerwoto/Igman Ibrahim)

Artikel lain terkait Pelantikan Prabowo dan Gibran

Editor: Whiesa Daniswara

Tag:  #transkrip #lengkap #sumpah #prabowo #gibran #saat #dilantik #sebagai #presiden #wapres #periode #2024 #2029

KOMENTAR