Pernah Bertentangan Gara-gara Jabatan Dicopot, Ini Sosok Prabowo Subianto di Mata BJ Habibie
Prabowo Subianto (Instagram/@prabowo)
12:16
18 Pebruari 2024

Pernah Bertentangan Gara-gara Jabatan Dicopot, Ini Sosok Prabowo Subianto di Mata BJ Habibie

Presiden Indonesia ke-4, Abdurrahman Wahid pernah mengungkapkan bahwa Prabowo Subianto adalah orang yang paling ikhlas kepada rakyat. Tak hanya almarhum Gusdur yang memuji Prabowo, Presiden ketiga Indonesia juga punya pandangan terhadap sosok Prabowo.

Sebelumnya, Habibie dan Prabowo memang sempat bertentangan. Hal itu terjadi saat BJ Habibie memberhentikan Prabowo sebagai Panglima Kostrad pada 23 Mei 1998. Pencopotan itu terjadi sehari setelah Habibie dilantik menjadi presiden.

Namun, seiring berjalannnya waktu, Habibie tetap menghormati sosok Prabowo dan keluarganya.

Dalam satu video lawas yang kembali viral, Habibie mengungkapkan kekagumannya kepada keluarga Prabowo, terutama bapaknya Soemitro Djojohadikoesoemo.

Menurut Habibie, Prabowo terlahir dari keluarga intelektual. Ia punya kakek seorang banker dan seorang bapak pakar ekonomi.

"Prabowo itu dibesarkan dari keluarga berpendidikan, kekeknya banker, bapaknya adalah seorang pakar bidang ekonomi," ujar almarhum BJ Habibie dalam wawancara dengan KompasTV empat tahun lalu.

"Banyak yang mengidolakan beliau, salah satu yang mengidolakan adalah saya. Idola saya adalah ayah Prabowo," ujar Habibie.

Habibie kemudian menggambarkan kedekatannya dengan Prabowo seperti seorang bapak dan anak.

"Saya anggap Prabowo adalah adalah abangnya Ilham, jadi saya dan Prabowo itu seperti bapak dan anak," kata Habibie.

Untuk diketahui, pasangan Prabow-Gibran disebut unggul di Pemilu 2024 berdasarkan hasil quick count. Prabowo sendiri sudah menyambut kemenangannya dengan mengadakan pidato di Senayan beberapa waktu lalu.

Editor: Eliza Gusmeri

Tag:  #pernah #bertentangan #gara #gara #jabatan #dicopot #sosok #prabowo #subianto #mata #habibie

KOMENTAR