Pesawat Wings Air Ditembaki di Yahukimo, Dipastikan Tidak Ada Korban
Pesawat Wings Air dengan nomor penerbangan PK-WJT ditembak KKB saat mendarat di Bandara Nop Goliat Dekai, Kabupaten Yahukimo, Papua Pegunungan, Sabtu (17/2/2024).[ANTARA/HO/Dokumentasi]
17:28
17 Februari 2024

Pesawat Wings Air Ditembaki di Yahukimo, Dipastikan Tidak Ada Korban

Insiden penembakan terhadap pesawat kembali terjadi di Kawasan Yahukimo, Papua Pegunungan. Kali ini, pesawat maskapai Wings Air dilaporkan menjadi sasaran tembak kelompok Organisasi Papua Merdeka (OPM) pada Sabtu (17/2/2024).

Penembakan tersebut terjadi saat pesawat bernomor penerbangan PK-WJT akan mendarat di Bandara Nop Goliat Dekai di Kabupatan Yahukimo, Papua Pegunungan. Insiden penembakan tersebut dibenarkan Kapolres Yahukimo AKBP Heru Hidayanto.

"Benar, ada insiden penembakan terhadap pesawat Wings Air dengan nomor penerbangan PK-WJT dan saat ini pesawat tersebut masih berada di Dekai," katanya seperti dikutip Antara, Sabtu (17/2/2024).

Dari laporan yang berhasil dihimpun, proyektil peluru menembus kabin. Meski begitu, dipastikan tidak ada korban dari pihak penumpang maupun kabin kru dalam insiden penembakan tersebut.

Peristiwa penembakan tersebut terjadi sekira jam 13.45 WIT, adapun penembakan terjadi satu kali dari koordinat 30 derajat arah utara atau sekitar berjarak kurang lebih 300 meter hingga 400 meter.

Penembakan pesawat tersebut merupakan kali kedua peristiwa yang terjadi selama dua hari berturut-turut.

Penembakan Pesawat di Papua Tengah

Sebelumnya, Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri mengatakan terjadi penembakan yang dilakukan oleh gerakan Papua Merdeka terhadap pesawat milik Asean Air dengan kode penerbangan PK LTF.

Peristiwa tersebut terjadi saat hendak mendarat di lapangan terbang Beoga, Kabupaten Puncak, Papua Tengah.

"Penembakan yang dilakukan KKB itu tidak menimbulkan korban jiwa," kata Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri di Jayapura, Jumat (16/2/2024).

Berdasarkan laporan yang diterimanya, pesawat tersebut membawa penumpang dari Timika. Pesawat tersebut ditembak setelah menurunkan penumpang dan akan langsung terbang kembali ke Timika

"Pesawat tersebut terbang kembali ke Timika tanpa membawa penumpang," jelas Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri.

Editor: Chandra Iswinarno

Tag:  #pesawat #wings #ditembaki #yahukimo #dipastikan #tidak #korban

KOMENTAR