Tips dari Pakar Keamanan Siber, Agar KPU Bisa Atasi Serangan DDos
Ketua KPU Hasyim Asy’ari (MIFTAHUL HAYAT/JAWA POS)
10:40
15 Februari 2024

Tips dari Pakar Keamanan Siber, Agar KPU Bisa Atasi Serangan DDos

 

 

 - Dr. Pratama Persadha, seorang pakar keamanan siber, memberikan sejumlah saran kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI untuk mengatasi serangan Distributed Denial of Service (DDoS) dan mencegah situs utama lembaga pemilu tersebut dari serangan peretas.

Menurutnya, salah satu langkah yang dapat diambil adalah meningkatkan kapasitas infrastruktur jaringan untuk menangani lalu lintas tinggi.

Selain itu, juga penting untuk mengantisipasi serangan siber yang dapat menyebabkan downnya website KPU.

Meskipun demikian, pada Rabu (14/2), situs KPU tidak dapat diakses karena serangan DDoS, dengan jumlah serangan mencapai ratusan juta.

Pratama juga merekomendasikan penggunaan layanan Content Delivery Network (CDN) sebagai strategi untuk mendistribusikan beban lalu lintas secara efektif dan mengurangi dampak serangan.

Selain itu, dia juga menyarankan penerapan firewall yang kuat guna memfilter lalu lintas masuk dan keluar, sehingga dapat meningkatkan tingkat keamanan sistem terhadap serangan siber yang potensial.

Filter lalu lintas yang dapat mengidentifikasi pola serangan DDoS juga disarankan untuk dibangun, bersama dengan penerapan layanan proteksi DDoS dari penyedia keamanan siber.

Selain itu, Pratama menyarankan penggunaan teknologi pengenalan dan mitigasi serangan DDoS yang canggih, bersama dengan penyusunan rencana penanganan darurat yang terstruktur.

Monitoring lalu lintas jaringan secara terus-menerus juga ditekankan untuk mendeteksi anomali atau pola lalu lintas yang tidak biasa yang dapat menjadi indikasi serangan DDoS.

Pratama juga menyarankan KPU untuk berkoordinasi dengan penyedia layanan internet (ISP) untuk mengidentifikasi dan memblokir lalu lintas yang mencurigakan serta mendiskusikan solusi mitigasi bersama

Ini penting untuk melindungi sistem pemilu dari serangan DDoS. Dengan demikian, kerjasama antara tim teknologi informasi, Gugus Tugas Keamanan Siber KPU, dan ISP menjadi krusial dalam menjaga keamanan sistem pemilu dari serangan siber.

Editor: Kuswandi

Tag:  #tips #dari #pakar #keamanan #siber #agar #bisa #atasi #serangan #ddos

KOMENTAR