Suasana Terkini Komplek DPR Jelang Prabowo Dilantik: Puluhan Rantis dan Ranpur TNI Berhamburan
Sejummlah kendaraan taktis (rantis), kendaraan tempur (ranpur) hingga Tim Jihandak TNI bersiaga di komplek DPR/MPR, Senayan, Jakarta, tiga hari jelang pelantikan Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI 2024-2029 pada Kamis (17/10/2024).  
23:02
17 Oktober 2024

Suasana Terkini Komplek DPR Jelang Prabowo Dilantik: Puluhan Rantis dan Ranpur TNI Berhamburan

- Kesibukan mulai terlihat di Gedung Nusantara MPR/DPR pada Kamis (17/10/2024) jelang hari pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka pada Minggu, 20 Oktober 2024 mendatang.

Sejumlah petugas di gedung yang biasa disebut gedung kura-kura karena bentuk atapnya yang melengkung dan berwarna hijau layaknya tempurung kura-kura itu terlihat mulai memasang tiang-tiang hingga mendekor aula di gedung tersebut.

Terlihat pula hamparan karpet berwarna merah yang sudah mulai digelar di pelataran aula tersebut.

Selain itu, terlihat pula sejumlah mesin X-ray berjejer yang akan digunakan untuk memeriksa barang bawaan tamu yang akan hadir pada saat pelantikan itu.

Di samping itu, di kawasan gedung Nusantara II dan III sudah terparkir sekitar lebih 20 kendaraan taktis (rantis) dan kendaraan tempur (ranpur) milik Tentara Nasional Indonesia (TNI). Salah satu ranpur yang terlihat yakni jenis Anoa 6X6 APC buatan PT Pindad.

Selain itu, terlihat pula rantis Ivander EOD (Explosive Ordnance Disposal) yang digunakan pasukan penjinak bahan (jihandak) TNI AD yang bertugas untuk menetralisir suatu lokasi dari ancaman teror bahan peledak.

Prajurit jihandak ini juga mengenakan Explosive Ordnance Device (EOD) Body Armour berwarna hijau saat melakukan tugasnya nanti. Adapun berat pakaian tersebut mencapai 30 kilogram.

"Ya (rantis dan ranpur), persiapan pelantikan. Geladi besok (Jumat)" kata seorang petugas pengamanan dalam (pamdal) Gedung MPR/DPR kepada Tribunnews.com.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Jenderal (Sekjen) MPR RI Siti Fauziah membeberkan rangkaian acara pelantikan tersebut. Acara akan dimulai sekira pukul 10.00 WIB dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Setelahnya, Ketua MPR RI, Ahmad Muzani akan menyampaikan pidatonya yang disambung penyerahan Surat Keputusan (SK) Presiden dan Wakil Presiden terpilih. "Kemudian pengucapan janji, sumpah oleh Presiden terpilih, lalu Wakil Presiden terpilih, lalu sudah itu pimpinan MPR menandatangani berita acara," ucap Siti Fauziah kepada Tribunnews.com.

Lalu, Prabowo akan menyampaikan pidato perdananya sebagai kepala negara yang akan didampingi oleh Gibran sebagai Wakil Presiden. Selesainya, acara akan dilajutkan dengan pembacaan doa dan penutupan sidang yang dipimpin Ahmad Muzani.

Pengamanan hingga Rekayasa Lalu Lintas

Untuk mengantisipasi adanya hal-hal yang tidak diinginkan, aparat gabungan TNI-Polri hingga Pemerintah Daerah (Pemda) Jakarta juga sudah mempersiapkan skema pengamanan pada hari pelantikan tersebut.

Total, akan ada 6.757 aparat gabungan akan disiagakan dan disebar ke beberapa titik untuk mengamankan jalannya rangkaian acara.

Penyebaran dilakukan di sejumlah titik meliputi kawasan Monas, DPR, Jalan Sudirman-Thamrin, 12 Stasiun MRT, tujuh stasiun hingga objek akomodasi para pejabat yang merupakan tamu-tamu negara.

Bila dirinci 6.757 personel itu terdiri dari 4.100 personel Satuan Tugas (Satgas) Polda Metro Jaya, 1.667 personel gabungan Satgas Polres jajaran Polda Metro Jaya, 857 Satgas Polres Jakarta Pusat, kemudian 133 personel BKO dari Pemda.

"Yang menjadi sasaran pengamanan meliputi orang yaitu Presiden dan Wakil Presiden, Tamu undangan Kepala Negara lain, Kendaraan VIP dan VVIP dan area DPR/MPR RI, rute yang dilalui Presiden dan Wakil Presiden, serta Obyek Vital," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Ade Ary Syam Indradi.

Belasan kendaraan rantis jenis Anoa 6X6 APC buatan PT Pindad, sudah disiagakan jelang pelantikan Prabowo-Gibran pada Minggu (20/10/2024). Belasan kendaraan rantis jenis Anoa 6X6 APC buatan PT Pindad, sudah disiagakan jelang pelantikan Prabowo-Gibran pada Minggu (20/10/2024). (Tribunnews.com/Chaerul Umam)

Dalam hal ini, pihak kepolisian juga telah menyiapkan rekayasa lalu lintas terkait adanya kegiatan tersebut. Untuk itu, masyarakat pun diminta untuk mencari alternatif jika mempunyai kegiatan di kawasan itu meski rekayasa lalu lintas masih bersifat situasional.

Berikut rekayasa lalu lintas yang akan diterapkan pada hari pelantikan presiden dan wakil presiden 20 Oktober 2024:

1. Arus lalu lintas dari arah TL Lapangan Tembak menuju Jalan Gatot Subroto, diputar balik di kolong sekat 2 atau dialihkan ke tanjakan layang Ladokgi arah Semanggi.

2. Arus lalu lintas dari Tol Dalam Kota yang akan keluar di off ramp Pulo Dua diluruskan ke arah Tol Tomang.

3. Arus lalu lintas dari Jalan Palmerah Timur menuju Jalan Gelora atau Pintu Belakang gedung DPR/MPR RI diluruskan ke Jalan Tentara Pelajar atau Jalan Permata Hijau.

4. Arus lalu lintas dari Jalan Gerbang Pemuda menuju Jalan Gelora atau Pintu Belakang gedung DPR/MPR RI dibelokkan ke kiri ke Jalan Asia Afrika.

Suasana Gedung Nusantara MPR/DPR RI, Senayan, Jakarta, tiga hari jelang pelantikan Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI 2024-2029, pada Kamis (17/10/2024).  Suasana Gedung Nusantara MPR/DPR RI, Senayan, Jakarta, tiga hari jelang pelantikan Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI 2024-2029, pada Kamis (17/10/2024).  (Tribunnews.com/Abdi Ryanda Shakti)

5. Arus lalu lintas dari Jalan Asia Afrika menuju TL Lapangan Tembak dibelokkan ke kanan ke Jalan Pintu 1 Senayan atau diputar balikkan di TL Asia Afrika.

6. Arus lalu lintas dari arah Semanggi yang menuju Slipi dialihkan ke kiri di sekat 2 atau Ladokgi ke Jalan Gerbang Pemuda.

7. Arus lalu lintas dari arah Slipi yang menuju Jalan Gerbang Pemuda diluruskan ke arah Semanggi.

Suasana Gedung Nusantara MPR/DPR RI tiga hari jelang pelantikan Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI 2024-2029, pada Kamis (17/10/2024). 

Editor: Acos Abdul Qodir

Tag:  #suasana #terkini #komplek #jelang #prabowo #dilantik #puluhan #rantis #ranpur #berhamburan

KOMENTAR