Alexander Marwata Akui Pernah Bertemu Sekali Dengan Eks Kepala Bea Cukai Jogjakarta Eko Darmanto
Wakil Ketua KPK Alexander Marwata. (DERY RIDWANSAH/ JAWAPOS.COM)
14:56
15 Oktober 2024

Alexander Marwata Akui Pernah Bertemu Sekali Dengan Eks Kepala Bea Cukai Jogjakarta Eko Darmanto

Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Alexander Marwata mengakui pernah bertemu sekali dengan eks Kepala Bea Cukai Jogjakarta Eko Darmanto. Menurutnya, pertemuan tersebut terjadi karena adanya kepentingan penegakan hukum.   "Terkait dengan pertemuan dengan Eko, saya kira semua teman-teman sudah tahu, saya secara terbuka akan mengakui enam bulan yang lalu, benar saya bertemu," kata Alexander di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Selasa (15/10).    Alex menyampaikan, Eko saat itu hendak melaporkan dugaan tindak pidana korupsi. Menurutnya, tidak ada kepentingan atau keuntungan lain yang didapat.  

  "Pertemuan dilakukan karena yang bersangkutan ingin melaporkan terkait dugaan korupsi di instansi perusahaan bea cukai terkait impor emas, handphone, besi baja," imbuhnya.    Sebelumnya, Polda Metro Jaya mengkonfirmasi menerima aduan masyarakat (dumas) terhadap Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Alexander Marwata. Aduan ini terkait pertemuan Alex dengam eks Kepala Bea Cukai Jogjakarta, Eko Darmanto.   "Berupa hubungan langsung atau tidak langsung yang dilakukan oleh oknum Pimpinan KPK (Alexander Marwata) dengan tersangka atau pihak lain yang ada hubungan dengan perkara tindak pidana korupsi," kata Dirreskrimsus Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak, Sabtu (28/9).  

  Ade mengatakan, aduan ini sudah didalami oleh penyelidik. Sejauh ini sudah 17 saksi yang dimintai keterangan.   "Sampai dengan saat ini telah dilakukan klarifikasi atau permintaan keterangan terhadap 17 orang saksi dalam penanganan perkara aquo," jelasnya.

Editor: Banu Adikara

Tag:  #alexander #marwata #akui #pernah #bertemu #sekali #dengan #kepala #cukai #jogjakarta #darmanto

KOMENTAR