Dipanggil Prabowo ke Kertanegara, Ini Profil Sekjen Demokrat Teuku Riefky Harsya
Sekjen Partai Demokrat Teuku Riefky Harsya. (Dery Ridwansah)
20:16
14 Oktober 2024

Dipanggil Prabowo ke Kertanegara, Ini Profil Sekjen Demokrat Teuku Riefky Harsya

- Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP Partai Demokrat Teuku Riefky Harsya menjadi salah satu tokoh yang dipanggil Presiden terpilih Prabowo Subianto ke kediamannya, Jalan Kertanegara IV, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (14/10).

Teuku Riefky mengaku kedatangannya ke Kertanegara diminta Prabowo untuk membantu di pemerintahan. "Diajak bicara, diajak untuk diskusi beberapa hal dan kesediaan untuk membantu Bapak Presiden Prabowo ke depannya," ungkap Teuku Riefky.

Mantan Wakil Ketua Komisi I DPR itu memastikan dirinya siap untuk membantu kinerja Prabowo terhadap bangsa dan negara. "Kami menyampaikan bahwa kami siap untuk membantu beliau visi besar beliau terhadap bangsa dan negara ini," ucap Teuku Riefky.

Lantas, siapakah sosok Teuku Riefky Harsya calon menteri kabinet Prabowo Subianto?

Teuku Riefky Harsya lahir di Jakarta pada 28 Juni 1972. Dia merupakan Lulusan Military College of Vermont, Norwich University.

Teuku Riefky memulai kariernya dengan terjun ke dunia usaha mengikuti jejak sang ayah Teuku Syahrul Mudadalam. Dia sempat menjadi direksi di beberapa anak perusahaan milik Investment Group (Tbk). Seperti marketing director Uninet Internet Dharmala Group (1995-2001) dan Direktur Utama Grand Kemang Hotel Recapital Group (2001-2005).

Kariernya di dunia politik dimulai dengan bergabung menjadi relawan SBY pada 2000 silam. Dia turut mengumpulkan KTP pendirian Partai Demokrat pada 2001 dan lanjut aktif di kepengurusan Partai Demokrat sebagai Wakil Ketua DPC Jakarta Pusat dari 2002 hingga 2005. Kini Teuku Riefky menjabat Sekjen Partai Demokrat.

Teuku Riefky mengawali kariernya di dunia politik saat berusia 34 tahun, ketika masuk pertama kali menjadi pengganti antar waktu (PAW) DPR pada periode 2004-2009. Dia menggantikan Rusli Ramli yang meninggal dunia pada 2005.

Sejak saat itu, dirinya selalu lolos untuk pemilihan legislatif berikutnya, yakni Pemilu 2009, 2014, dan 2019. Dia juga mencetak hattrick dalam perolehan tertinggi di Provinsi Aceh

Selama 19 tahun berkiprah di DPR, Teuku Riefky dipercaya DPP Partai Demokrat dalam berbagai penugasan strategis. Mulai dari ketua Komisi VII, sekretaris Fraksi PD, ketua Komisi X, wakil ketua Badan Anggaran, dan kini menjabat sebagai wakil ketua Komisi I yang merangkap sebagai sekretaris FPD mendampingi ketua Fraksi, Edhie Baskoro Yudhoyono.

Selain aktif di dunia politik, pria berusia 52 tahun ini juga pernah aktif dalam berbagai organisasi sosial kemasyarakatan. Di antaranya, Pengurus Pusat Asosiasi Penyedia Jasa Internet Indonesia (APJII), Wakil ketua bidang Investasi Persatuan Hotel & Restoran Indonesia (PHRI).

Selain itu, Teuku Riefky juga sempat menjabat Wakil Ketua Bidang Minyak dan Gas Kamar Dagang Indonesia, Ketua umum Insan Muda Demokrat Indonesia (IMDI), Wakil Komandan I KOGASMA (Tim Pemenangan DPP Partai Demokrat), dan Wakil Ketua Umum Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran.

Editor: Ilham Safutra

Tag:  #dipanggil #prabowo #kertanegara #profil #sekjen #demokrat #teuku #riefky #harsya

KOMENTAR