Jangan Klik Link dari Nomor Tak Dikenal, Begini Cara Hacker Kuras Habis Rekening Anda
Ilustrasi penipuan online (Twitter/@kgblgnunfaedh)
13:44
7 Pebruari 2024

Jangan Klik Link dari Nomor Tak Dikenal, Begini Cara Hacker Kuras Habis Rekening Anda

Pencurian data hingga penipuan terus berkembang di era teknologi saat ini. Hal ini dapat dipastikan bahwa hacker atau masyarakat dengan anugerah kecerdasan tapi menggunakannya dengan negatif ikut berkembang menipu orang.

Setelah penipuan berbasis licinnya mulut dan retorika agar korban terjerat, penipuan hanya menggunakan handphone (hp) saja ternyata cukup mudah dilakukan.

Hal itu dibongkar oleh seorang TikToker @realmerbet yang menyebut bahwa handphone sekelas iPhone saja bisa sangat mudah di-hack dan mendapat data pribadi termasuk nomor rekening korban.

"Ini cara hacker di tahun 2024 menjebol rekening dan hp kalian, tidak ada hanphone yang aman, bahkan sekalipun iPhone atau handphone tua," ujar dia dikutip, Rabu (7/2/2024)

TikToker yang menyebut dirinya Mr Bert tersebut mengatakan hacker hanya butuh mengetik *21* dilanjutkan dengan nomor handphone korban untuk bisa mendapat data pribadi mereka.

"Baik itu nomor telepon, sms, OTP bisa diambil alih oleh hacker tersebut," terang dia.

Ia pun menunjukkan simulasi saat hacker beraksi. Awalnya hacker akan mengirimkan pesan ke orang random yang berisi link, ketika korban meng-klik link tersebut, otomatis akan menelepon ke nomor si hacker.

"Setelah di klik link tersebut otomastis nomor kamu akan menelepon nomor hacker dan otomatis data kamu akan berpindah," katanya.

Mr Bert paham betul bahwa masyarakat saat ini sudah cukup waspada dengan kiriman link dari orang tak dikenal. Ia mendemonstrasikan dirinya sebagai seorang hacker yang menggunakan suara AI untuk menarik korban mengetik *21* dilanjutkan nomor handphone hacker dari tab panggilan telepon.

Dari video yang ia bagikan, usai korban mengetik nomor yang dimaksud, data milik korban langsung terkirim ke hp milik hacker. Dan disitulah, hacker beraksi untuk menjebol data diri korban, hingga nomor rekening yang bertaut di hp yang digunakan korban.

Ia juga memberi peringatan untuk followersnya bahwa penipuan dengan mengirimkan .apk bisa menjadi alternatif. Namun dengan cara mengetik angka *21* ditambah nomor telepon atau link tak dikenal bisa menjadi petaka bagi masyarakat yang awam.

Editor: Muhammad Ilham Baktora

Tag:  #jangan #klik #link #dari #nomor #dikenal #begini #cara #hacker #kuras #habis #rekening #anda

KOMENTAR