Kaesang Hargai Keputusan DKPP Terkait Sanksi Ketua KPU
Presiden RI Joko Widodo saat bertemu dan minum teh bersama dengan sejumlah pengurus PSI, diantaranya Ketua Umum Kaesang Pangarep dan sejumlah kader muda PSI di Braga Permai, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (DOK: PSI )
20:40
6 Februari 2024

Kaesang Hargai Keputusan DKPP Terkait Sanksi Ketua KPU

 

Ketum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep merespons keputusan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) yang menjatuhkan sanksi keras terakhir kepada Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Hasyim Asy'ari dan enam anggota KPU lainnya. 

Kaesang mengaku menghargai keputusan tersebut. Karena hal itu ranah dari DKPP.

"Ya saya sih ya menghargai keputusan dari DKPP aja. Udah gitu aja," ujar adik kandung Cawapres 02 Gibran Rakabuming Raka itu secara singkat ditemui di Lapangan Jetak Purwanto Wonogiri, Jawa Tengah, Selasa (6/1).

Diketahui, Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) menjatuhkan sanksi peringatan keras terakhir kepada Ketua dan Anggota KPU RI dalam proses pendaftaran Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wakil presiden. Keputusan DKPP dibacakan Ketua DKPP, Heddy Lugito di gedung DKPP yang disiarkan di YouTube DKPP, Senin (5/2).

"Memutuskan, mengabulkan pengaduan para pengadu untuk sebagian," ucap Heddy.

"Menjatuhkan sanksi peringatan keras terakhir kepada Hasyim Asy'ari," lanjutnya. Bukan hanya Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari, anggota KPU lainnya juga dijatuhi sanksi peringatan. Mereka adalah Yulianto Sudrajat, August Mellaz, Betty Epsilon Idroos, Parsadaan Harahap, Idham Holik, dan M Afifuddin.

Namun Heddy sempat menegaskan putusan tersebut hanya berkaitan dengan etik. Menurutnya, putusan itu tidak mengganggu pencalonan Gibran.

"Ini kan murni putusan etik, nggak ada kaitannya dengan pencalonan. Nggak ada," kata Heddy.

Editor: Dimas Ryandi

Tag:  #kaesang #hargai #keputusan #dkpp #terkait #sanksi #ketua

KOMENTAR