Korban Jiwa Akibat Kecelakaan Tembus 18.000 Lebih Selama Setahun, Pengendara Perlu Simak Tips Aman Berkendara Berikut
Ilustrasi kecelakaan sepeda motor. (Shutterstock/Antara)
07:32
13 Oktober 2024

Korban Jiwa Akibat Kecelakaan Tembus 18.000 Lebih Selama Setahun, Pengendara Perlu Simak Tips Aman Berkendara Berikut

 

 

 - Angka kecelakaan lalu lintas di Indonesia semakin mengkhawatirkan. Berdasarkan data terbaru Korlantas Polri, selama tahun 2023, angka kecelakaan di Indonesia mencapai 110.528 kejadian, dengan korban meninggal berjumlah 18.357 korban.   Tidak hanya itu, dari jumlah tersebut, mayoritas korban meninggal berada dalam rentang usia produktif.   Selain korban meninggal, untuk korban luka berat sebanyak 11.689 korban, dan korban luka ringan sebanyak 134.811 orang.   “Sebagian besar korban meninggal dunia adalah usia produktif. Jadi kami harapkan keselamatan berlalu lintas menjadi satu kebutuhan,“ jelas Kakorlantas Irjen Pol Aan Suhanan seperti dikutip dari laman Humas Polri.   Dari data ini juga terlihat bahwa dampak serius yang ditimbulkan oleh kecelakaan lalu lintas, juga bisa mengakibatkan luka parah permanen maupun tidak permanen, hingga mempengaruhi kualitas hidup para korban dan keluarga mereka.   Sementara itu, ada sejumlah faktor penyebab kecelakaan, mulai dari pengendara yang tidak patuh aturan lalu lintas, kecerobohan pengendara, hingga kondisi kendaraan yang tidak sesuai standar pabrik.    Selain itu, sejumlah kecelakaan juga disebabkan oleh pengemudi yang mabuk karena berada di bawah pengaruh alkohol dan menggunakan ponsel saat berkendara.   Berkaca dari fakta tersebut, maka Korlantas Polri mengimbau masyarakat mengutamakan keselamatan di jalan. Sedangkan dari pihak Polri, akan menggelar Operasi Zebra 2024 untuk mendisiplinkan dan menekan tingkat fatalitas kecelakaan.  

  Operasi Zebra 2024 dijadwalkan berlangsung pada 14-27 Oktober 2024 dengan mengedepankan preemtif dan preventif serta mengedukasi pengendara dalam hal menjaga keselamatan di jalan baik bagi diri sendiri maupun orang lain.   Selain himbauan dan digelarnya Operasi Zebra, masyarakat juga perlu mengetahui bagaimana tips aman dalam berkendara, seperti dikutip dari laman Dinas Perhubungan Kota Tanjungpinang.   1. Periksa Kendaraan Anda   Pengendara wajib memeriksa kondisi kendaraan, seperti cek keadaan mesin, memeriksa tekanan angin ban, dan juga membawa perlengkapan yang harus dibawa.   2. Atur Posisi Mengemudi   Bagi pengendara motor dan juga mobil perlu mengatur posisi duduk agar nyaman, tidak pegal dan juga kram saat berkendara.   3. Gunakan sabuk pengaman   Khusus bagi pengguna mobil, jangan lupa untuk menggunakan sabuk pengaman. Sabuk pengaman berfungsi untuk melindungi pengemudi dan penumpang dari benturan jika terjadi kecelakaan.  

  4. Ikuti arus lalu lintas   Pengendara wajib mengikuti dan mematuhi arus dan juga rambu-rambu lalu lintas sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Dengan mematuhi aturan lalu lintas, maka bisa mencegah terjadinya kecelakaan.   5. Istirahat Jika mengantuk   Satu hal yang tidak kalah penting adalah berisitirahat jika mengantuk atau lelah. Hal ini seringkali diabaikan pengendara dengan alasan agar lebih cepat sampai tujuan.   Padahal dengan beristirahat, bisa mencegah terjadinya kecelakaan. Saat pengendara lelah atau mengantuk dan terus melanjutkan perjalanan, maka justru bisa membahayakan dirinya dan juga pengendara lain.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #korban #jiwa #akibat #kecelakaan #tembus #18000 #lebih #selama #setahun #pengendara #perlu #simak #tips #aman #berkendara #berikut

KOMENTAR