Anak Ideologis Macron Jadi PM Prancis, Pengamat Sebut Gibran Bisa Ikuti Jejaknya
PM Perancis Gabriel Attal [X/GabrielAttal]
17:08
10 Januari 2024

Anak Ideologis Macron Jadi PM Prancis, Pengamat Sebut Gibran Bisa Ikuti Jejaknya

Presiden Prancis Emmanuel Macron, baru-baru ini mengumumkan pengangkatan Gabriel Attal sebagai Perdana Menteri Prancis terbaru, menggantikan Elisabeth Borne.

Attal masih berusia 34 tahun, selisih 2 tahun lebih muda dibanding calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka. Attal menjadi PM termuda Prancis dan resmi memimpin pada 9 Januari 2024.

Prabowo-Gibran Berzodiak Sama dengan Putin, Ini yang Dilakukan Saat Marah, Sedih dan Jatuh Cinta

Pesona Selvi Ananda Saat Temani Gibran Kampanye di Bali Sita Perhatian

Karier politik Attal dimulai saat usianya 17 tahun di Partai Sosialis. Ia mulai menari perhatian publik Prancis saat jadi jubir pemerintah saat pandemi Covid-19.

Setelah jadi jubir, ia kemudian mengisi posisi menteri junior di kementerian keuangan, dan terakhir sebagai menteri pendidikan pada 2023.

Emmanuel Macron berharap dengan penunjukkan sebagai PM, Atta akan membawa semangat dan energi perubahan yang ambisius.

"Saya tahu saya dapat mengandalkan energi dan komitmen Anda," kata Macron di X miliknya.

Pasca dilantik jadi PM, Attal langsung bekerja dengan mendatangi wilayah Prancis utara yang sering terkena banjir. Kunjungan ini dimaksudkan untuk menunjukkan solidaritas dan dukungan nasional, serta menjanjikan upaya besar untuk pembangunan kembali.

"Anda adalah perwujudan dari orang Prancis yang bekerja keras, yang bangun pagi-pagi... kami bersama Anda," kata Attal kepada warga.

Pengamat Singgung Potensi Gibran Jadi Pemimpin Muda

Sementara itu Pengamat hukum dan pemerhati politik sosial dan budaya Agus Widjajanto beberapa waktu lalu sempat mengatakan bahwa Gibran memiliki potensi besar untuk jadi pemimpin muda layaknya Attal.

Gibran kata Agus merupakan sosok dengan karakter kuat, rasa ingin tahu besar, dan sikap yang seimbang antara percaya diri dan kerendahan hati.

Wali Kota Solo itu juga disebut berani mengambil risiko, kritis, dan kreatif dalam mempelajari hal-hal baru.

"Gibran sebagai generasi muda memiliki karakter kuat dan rasa ingin tahu yang besar, percaya diri, tidak minder tapi juga tidak arogan. Gibran juga berani mengambil risiko, berpikiran kritis dan kreatif serta berani mempelajari hal-hal baru," kata Agus Widjajanto seperti dikutip, Rabu (10/1).

Calon pemimpin muda seperti Gibran kata Agus bisa datangkan perspektif segar dan pendekatan baru dalam menghadapi berbagai isu dan tantangan yang dihadapi Indonesia.

Menurut Agus, kemunculan pemimpin muda di Indonesia seperti Gibran Rakabuming memberikan semangat baru bagi pemilih, terutama generasi milenial.

Editor: Galih Prasetyo

Tag:  #anak #ideologis #macron #jadi #prancis #pengamat #sebut #gibran #bisa #ikuti #jejaknya

KOMENTAR