Sejarah Hari Kanker Sedunia 4 Februari, Ditetapkan Berdasarkan Piagam Paris
Hari Kanker Sedunia 2024 - Hari Kanker Sedunia diperingati setiap tahun pada tanggal 4 Februari. Adapun sejarah Hari Kanker Sedunia ditetapkan berdasarkan Piagam Paris yang diadopsi pada KTT Dunia Melawan Kanker untuk Milenium Baru pada 4 Februari 2000. 
08:42
4 Pebruari 2024

Sejarah Hari Kanker Sedunia 4 Februari, Ditetapkan Berdasarkan Piagam Paris

- Simak inilah sejarah Hari Kanker Sedunia 2024 yang diperingati setiap tanggal 4 Februari.

Tahun ini, peringatan Hari Kanker Sedunia atau yang juga disebut World Cancer Day jatuh pada hari ini, Minggu (4/2/2024).

Adapun tema peringatan Hari Kanker Sedunia 2024 yakni, "Close the Care Gap" yaitu tentang  menyatukan suara dan mengambil tindakan.

Sebagai hari kesadaran kanker, Hari Kanker Sedunia diperingati setiap tahun pada tanggal 4 Februari untuk menyatukan dunia guna mengurangi beban kanker.

Hari ini bertujuan untuk menyelamatkan jutaan nyawa setiap tahun melalui pendidikan, meningkatkan kesadaran dan dengan menekan pemerintah dan individu di seluruh dunia untuk mengambil tindakan.

Lantas, bagaimana sejarah Hari Kanker Sedunia?

Sejarah Peringatan Hari Kanker Sedunia

Melansir laman worldcancerday.org, Hari Kanker Sedunia merupakan inisiatif dari Union for International Cancer Control (UICC).

Ini adalah organisasi kanker internasional terbesar dan tertua yang berdedikasi untuk memimpin dalam menyelenggarakan, membangun kapasitas dan inisiatif advokasi yang menyatukan komunitas kanker untuk mengurangi beban kanker global.

Hari Kanker Sedunia ditetapkan berdasarkan Piagam Paris yang diadopsi pada KTT Dunia Melawan Kanker untuk Milenium Baru di Paris pada tanggal 4 Februari 2000.

Piagam ini bertujuan untuk mempromosikan penelitian untuk menyembuhkan serta mencegah kanker, meningkatkan layanan yang diberikan kepada pasien, meningkatkan kesadaran di kalangan masyarakat umum, dan memobilisasi komunitas global melawan kanker.

Dalam pasal 10, Piagam tersebut menetapkan bahwa tanggal 4 Februari akan menjadi Hari Kanker Sedunia, sehingga Piagam Paris akan tetap diingat dalam hati dan pikiran masyarakat di seluruh dunia.

Kesadaran kanker telah menjadi sangat penting di abad ke-21.

Hari Kanker Sedunia 2024 - Hari Kanker Sedunia 2024 - (rsudwangaya.denpasarkota.go.id)

Meskipun ada banyak kemajuan dalam pemahaman, diagnosis dan pengobatan kanker, jumlah kasus kanker baru yang didiagnosis setiap tahun secara global terus meningkat.

Terdapat 8,1 juta kasus baru yang didiagnosis pada tahun 1990, 10 juta pada tahun 2000, 12,4 juta pada tahun 2008, dan 14,1 juta pada tahun 2012.

Kemudian, jumlah kematian tahunan di seluruh dunia akibat kanker juga meningkat dari 5,2 juta orang pada tahun 1990 menjadi 8,2 juta orang pada tahun 2012 menjadi sekitar 9,6 juta pada tahun 2018.

Tema Hari Kanker Sedunia 2024

Tema Hari Kanker Sedunia pada tahun 2022-2024 adalah "Close the Care Gap".

Tahun 2022, kampanye ini bertujuan untuk memahami dan mengakui kesenjangan dalam perawatan kanker di seluruh dunia.

Kemudian tahun 2023, untuk tahun merayakan kemajuan dalam berbagai bentuk yang memungkinkan lebih banyak orang mencari dan menerima layanan yang mereka butuhkan dan layak dapatkan.

Tahun terakhir, tahun 2024 kampanye ini bertujuan untuk membawa perhatian ke tingkat yang lebih tinggi.

Secara harafiah, meningkatkan suara kita untuk melibatkan para pemimpin kita, meminta para pembuat kebijakan dan pengambil keputusan di seluruh dunia untuk memprioritaskan kanker, mengembangkan strategi inovatif untuk mengurangi kesenjangan dan berinvestasi dalam mencapai kesejahteraan yang lebih baik/

Agar dunia adil dan bebas kanker, para pemimpin diharap untuk menghilangkan kesenjangan kesehatan dengan mengatasi faktor-faktor penentu sosial dalam kesehatan yang berkontribusi terhadap kesenjangan tersebut, memastikan bahwa setiap orang memiliki akses terhadap layanan kesehatan yang berkualitas kapan, di mana, dan bagaimana mereka membutuhkannya.

(Tribunnews.com/Latifah)

Editor: Bobby Wiratama

Tag:  #sejarah #hari #kanker #sedunia #februari #ditetapkan #berdasarkan #piagam #paris

KOMENTAR