Mahasiswa Berinovasi: Kolaborasi Pertamina Subholding Upstream Regional Jawa dan ITS Surabaya
Lomba Poster Inovasi bagian acara Forum Improvement & Innovation Award (IIA) 2024 yang digelar Pertamina Subholding Upstream Regional Jawa.
10:24
10 Oktober 2024

Mahasiswa Berinovasi: Kolaborasi Pertamina Subholding Upstream Regional Jawa dan ITS Surabaya

 Mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya menciptakan sejumlah inovasi untuk keberlanjutan energi dan lingkungan. Ide-ide inovatif mereka dibungkus dalam poster berukuran A1. Pada 8-10 Oktober, karya inovasi mereka dipamerkan di selasar Gedung Robotics Center, ITS.

Sebanyak 12 poster fokus pada isu teranyar terkait energi. Mahasiswa Sistem Informasi ITS Crystal Reinheart, misalnya, mengangkat judul “Alga Energi Hijau Masa Depan”. Crystal mendapat kesempatan pertama memaparkan inovasinya di hadapan manajemen Pertamina Subholding Upstream Regional Jawa.

‘’Saya deg-degan,” kata Crystal di tengah penjelasan. Hasil penelitian Crystal mendapati alga sebagai organisme sederhana yang mampu memproduksi energi dalam bentuk biofuel sekaligus bisa menyerap karbondioksida.

Sementara duo mahasiswa Teknik Kimia ITS dari Gasoileum Tim memaparkan pengembangan microbial fuel cell untuk energi masa depan. Ada pula tiga mahasiswa lintas jurusan yang mengangkat tema mitigasi produksi karbon dengan strategi inisiatif ramah lingkungan.

Mereka menawarkan lima aksi nyata yakni produksi hidrogen hijau, air purifier penghasil oksigen, penangkapan gas metan dari limbah cair kelapa sawit (Palm Oil Mill Effluent/POME), penangkapan dan penyimpanan karbon (Carbon Capture and Storage/CCS), serta efisiensi teknologi koil pemanas.

Tak hanya menarik secara visual, desain poster membuat pesan yang ingin disampaikan jadi lebih mudah ditangkap. Kompetisi ini menjadi penyemangat kolaborasi dan inovasi di tengah mahasiswa, dan menunjukan kepedulian generasi muda terhadap keberlanjutan energi dan lingkungan di masa mendatang.

Lomba Poster Inovasi merupakan rangkaian dari Forum Improvement & Innovation Award (IIA) 2024 yang diselenggarakan Pertamina Subholding Upstream Regional Jawa, dan berkolaborasi dengan ITS.Tema yang diusung adalah “Driving Innovation: Pioneering Sustainable Energy and Community Development”.

Lomba Poster Inovasi bagian acara Forum Improvement & Innovation Award (IIA) 2024 yang digelar Pertamina Subholding Upstream Regional Jawa.

Selama dua tahun berturut-turut, Forum IIA berkolaborasi dengan civitas academica. Sebelumnya, pada Forum IIA 2023, Pertamina Subholding Upstream Regional Jawa bekerja sama dengan Institut Teknologi Bandung (ITB).

Sinergi dengan dunia kampus tak lain bertujuan mendekatkan industri hulu minyak dan gas dengan dunia pendidikan, sehingga tercipta sinergi penciptaan inovasi dari dunia kampus untuk mendukung pengembangan bisnis minyak dan gas.

Konkret, dalam rangkaian Forum IIA 2024, Pertamina Subholding Upstream Regional Jawa membuka peluang seluas-luasnya untuk mahasiswa turut berpartisipasi. Mahasiswa ITS lintas jurusan diundang untuk terlibat, di antaranya melalui diskusi ilmiah dengan tema tantangan dan operasional laut dalam, persiapan Gen Z untuk memasuki dunia kerja, serta membuka kesempatan bagi mahasiswa untuk unjuk kompetensi dalam menyusun konsep inovasi produk dan poster.

Rektor ITS Ir Bambang Pramujati PhD mengaku senang mendapat kesempatan menjadi tuan rumah pelaksanaan IIA 2024. ‘’Forum ini sangat bagus untuk mendekatkan industri dan akademisi dalam berbagai interaksi. Langkah itu bisa memantik semangat inovasi, khususnya untuk mahasiswa,” tuturnya.

Direktur Pertamina Subholding Upstream Regional Jawa, Wisnu Hindadari, mengatakan, pelaksanaan Forum IIA 2024 di ITS punya misi penting dalam menjembatani dunia industri dan akademik. ‘’Ini jadi kesempatan baik bagi mahasiswa untuk ikut berpartisipasi. Melihat langsung bagaimana inovasi berkontribusi dalam keberlanjutan ketahanan energi,” tuturnya dalam acara pembukaan Forum IIA 2024, Selasa (8/10).

Editor: Mohamad Nur Asikin

Tag:  #mahasiswa #berinovasi #kolaborasi #pertamina #subholding #upstream #regional #jawa #surabaya

KOMENTAR