Hakim Mengadu Soal Kesejahteraan ke DPD RI, Sultan: kalau Perlu Hakim Diberi Umrah Gratis Oleh Negara
Ketua DPD RI, Sultan B Najamuddin, mengaku prihatin dengan curahan hati puluhan hakim yang tergabung dalam Solidaritas Hakim Indonesia saat menerima audiensi di Ruang GBHN, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (8/10/2024). (Suara.com/Bagaskara)
19:44
8 Oktober 2024

Hakim Mengadu Soal Kesejahteraan ke DPD RI, Sultan: kalau Perlu Hakim Diberi Umrah Gratis Oleh Negara

Ketua DPD RI, Sultan B Najamuddin, mengaku prihatin dengan curahan hati puluhan hakim yang tergabung dalam Solidaritas Hakim Indonesia saat menerima audiensi di Ruang GBHN, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (8/10/2024).

Sultan menjelaskan dirinya baru saja bertemu dan berdiskusi secara langsung terkait permintaan para hakim dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Menurutnya, Sri Mulyani akan mengkaji permintaan para yang mulia hakim dengan mempertimbangkan beberapa hal.

"Atas nama lembaga, Kami mengapresiasi pengabdian para yang mulia hakim di seluruh daerah baik di Pengadilan Negeri, pengadilan negeri hingga Mahkamah Agung," kata Sultan.

Para hakim, kata dia, patut mendapatkan hak kesejahteraan yang layak dan berkecukupan dari negara, termasuk jaminan keamanan saat bertugas di daerah. Kesejahteraan hakim sedikit banyak menentukan kualitas penegakan hukum dan terpenuhinya rasa keadilan masyarakat.

Baca Juga: Hakim Minta Naik Gaji, Pemerintah Disebut Ada di Puncak Kezaliman Jika Tak Penuhi Tuntutan

"Kami bahkan ingin mengusulkan, jika diperlukan para hakim yang mulia diberangkatkan umroh atau haji secara gratis oleh pemerintah, bagi yang muslim" jelasnya.

Namun, kata dia, sebagai utusan masyarakat daerah, mereka juga berharap agar yang mulia para hakim untuk memperkuat supremasi hukum di negara demokrasi ini dengan menegakkan keadilan setegak-tegaknya.

"Yang mulia para hakim adalah wakil Tuhan di atas muka bumi ini. Di hati dan pikiran yang mulia sekalian, masyarakat mencari kebenaran dan keadilan. Oleh karena itu, jangan sampai ada hakim yang harus terpaksa menggadaikan integritasnya untuk memenuhinya kebutuhan hidupnya" katanya.

Editor: Dwi Bowo Raharjo

Tag:  #hakim #mengadu #soal #kesejahteraan #sultan #kalau #perlu #hakim #diberi #umrah #gratis #oleh #negara

KOMENTAR