Cak Imin: Akhir-akhir Ini Banyak Sekali Kriminalisai ke Jurnalis
Cak Imin dalam acara Desak dan Slepet AMIN (Anies-Cak Imin) di Jiexpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin (29/1/2024). [Suara.com/Rakha]
18:40
29 Januari 2024

Cak Imin: Akhir-akhir Ini Banyak Sekali Kriminalisai ke Jurnalis

Calon wakil presiden nomor urut 1, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin menilai, belakangan ini banyak sekali terjadi kriminalisasi dan mengganggu hak-hak para jurnalis.

Hal itu disampaikan Cak Imin dalam acara Desak dan Slepet AMIN (Anies-Cak Imin) di Jiexpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin (29/1/2024).

"Memang jurnalis adalah profesi yang istimewa sehingga kita harus hati-hati karena akhir-akhir ini banyak sekali kriminalisasi mau pun upaya menggangu hak-hak para jurnalis," ucap Cak Imin dalam acara Desak & Slepet AMIN (Anies-Cak Imin) di Jiexpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin (29/1/2024).

Oleh sebab itu, Ketua Umum PKB itu berjanji bila AMIN menang dalam Pilpres 2024 akan menjamin hak-hak bagi para jurnalis.

"Saya dan Mas Anies kalau kita mendapatkan amanat ini, kita akan menjamin hak-hak yang melekat pada seorang jurnalis. Kebebasan untuk menyampaikan ekspresi pekerjannya, kebebasan, perlindungan hukum itu mutlak," ungkap Cak Imin.

Dalam kesempatan yang sama, capres Cak Imin, Anies Baswedan mewanti-wanti terkait perbuatan kriminalisasi terhadap jurnalis.

Anies menilai perlu adanya pedoman khusus bagi aparat penegak hukum dalam menangani kasus yang melibatkan jurnalis.

"Terutama yang aspek kriminalisasi tadi, ini kriminalisasi harus hati-hati, perlu pedoman khusus dari penegak hukum jika ada pelaporan terhadap jurnalis sehingga kita punya mekanisme screening yang lebih ketat," ucap Anies.

Editor: Chandra Iswinarno

Tag:  #imin #akhir #akhir #banyak #sekali #kriminalisai #jurnalis

KOMENTAR