Bela Luhut dkk, Budiman Sudjatmiko Serang Balik Tom Lembong: Gak Ada Pemadam Kebakaran!
Bela Luhut dkk, Budiman Sudjatmiko Serang Balik Tom Lembong: Gak Ada Pemadam Kebakaran! (Suara.com/Novian)
16:40
26 Januari 2024

Bela Luhut dkk, Budiman Sudjatmiko Serang Balik Tom Lembong: Gak Ada Pemadam Kebakaran!

Anggota Dewan Pakar Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Budiman Sudjatmiko membantah pandangan Co-Captain Timnas AMIN Tom Lembong ihwan kubu Prabowo-Gibran tengah kebakaran.

Ucapan itu disampaikan Tom usai melihat langkah sejumlah elite di kubu Prabowo, seperti Luhut Binsar Pandjaitan hingga Bahlil Lahadalia yang ikut turun gununung menyindirnya.

Menjawab pandangan Tom, Budiman lantas membantah. Eks politisi PDI Perjuangan itu menyatakan tidak ada kebakaran di pihak Prabowo-Gibran, sebagaimana dimaksud Tom.

Balas Serangan Luhut, Tom Lembong Sebut Luhut dan Bahlil Pasukan Pemadam Kebakaran

"Enggak, enggak. Oh enggak ada kebakaran, biasa-biasa aja. Itu kan exchanging words, pertukaran ide pertukaran pendapat, saya kira wajar-wajar saja. Pertukaran ide biasa-biasa aja, enggak ada yang luar biasa," kata Budiman di Kertanegara, Jakarta Selatan, Jumat (26/1/2024).

Kolase foto Luhut Binsar Pandjaitan, Tom Lembong, dan Bahlil Lahadalia.Kolase foto Luhut Binsar Pandjaitan, Tom Lembong, dan Bahlil Lahadalia.

Budiman justru menilai pandangan tersebut keluar dari mulut Tom lantaran Tom merasa dirinya api. Padahal, menurut Budiman, Tom bukan api, apalagi sampai bisa membakar panggung Prabowo-Gibran.

"Pak Tom Lembong bukan api, bukan bara api, bukan juga api dalam sekam, ya Pak Lembong hanya salah satu pucuk bunga dari taman bunga yang ada dalam pesta demokrasi ini," kata Budiman.

"Jadi menurut saya perdebatan seru jauh lebih baik sebelum ini iya kan. Perdebatan seru jauh lebih baik sebelum ini. Saya kira itu bukan, enggak ada api, nggak yang pemadam kebakaran," sambungnya.

Budiman mengatakan banyak hal yang lebih urgen yang sedang dilakukan dan diselesaikan Luhut maupun Bahlil ketimbang sekadar menjadi pemadam kebakaran, sebagaimana pernyataan Tom.

Kolase Tom Lembong dan Luhut Binsar Pandjaitan (Instagram)Kolase Tom Lembong dan Luhut Binsar Pandjaitan (Instagram)

Karena itu, Budiman membantah anggapan Luhut maupun Bahlil menjadi beking atau pemadam bagi Prabowo-Gibran pasca debat cawapres akhir pekan kemarin.

"Enggak, enggak, enggak lah. Saya kira Pak Luhut, Pak Bahlil juga ya biasa-biasa aja. Karena Pak Tom Lembong sempat bicara soal pemerintahan, kan harus ada etika profesional bahwa orang yang pernah membantu pemerintahan ya memang sudah tugasnya, sudah dapat reward untuk itu," tutur Budiman.

Saling Serang

Sebelumnya, Tom Lembong merespons ucapan Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan yang menuding dirinya tidak bisa bekerja.

Dalam video yang beredar, Luhut meminta Tom Lembong tidak gede rasa alias geer karena menyatakan memberi contekan kepada Presiden Jokowi.

"Apakah karena hebat melakukan? tidak. Itu tugas anda sebagai pembantu presiden, menteri perdagangan waktu itu sebagai kepala BKPM, tapi anda harus refleksi juga apa sih yang sudah anda lakukan sebagai Mendag, coba tanya dirimu," ucap Luhut menyindir Tom Lembong.

Luhut lalu membuka aib Tom Lembong yang gagal membuat Online Single Submission (OSS) saat menjadi Kepala BKPM.

"Saya ingat betul itu bagaimana anda curhat ke saya. Tapi sampai anda meninggalkan kabinet tidak pernah selesai sekarang, OSS yang sudah digadang-gadang bakal selesai," kata Luhut.

Selain Luhut, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia, dan Budiman Sudjatmiko, ikut menyerang Tom Lembong.

Balasan Tom Lembong

Menanggapi hal itu, Tom Lembong mengatakan, serangan yang ditujukan ke dirinya itu ekses dari kesalahan strategi tim debat cawapres.

"Karena kayanya kesalahan besar kemarin di debat cawapres mengerahkan strategi untuk Mas Gibran mengangkat nama saya berkali-kali. Itu backfire secara spektakuler itu asli senjata makan tuan," ujar Tom Lembong saat wawancara dengan jurnalis senior Uni Lubis.

Tom mengibaratkan kubu Prabowo-Gibran mengirim rudal ke pihak Anies-Muhaimin (AMIN) tapi yang kebakaran malah pihak Prabowo-Gibran.

Kolase Thom Lembong vs Bahlil Lahadalia.Kolase Thom Lembong vs Bahlil Lahadalia.

Untuk memadamkan kebakaran itu, menurut Tom Lembong, dikerahkan orang-orang hebat seperti Budiman Sudjatmiko, Habiburokhman, Bahlil hingga Luhut.

"Saya istilahkan semuanya lagi memadamkan kebakaran, pasukan pemadam kebakaran sampai segitunya ya berarti ini benar-benar kebakaran yang dahsyat," ujar Tom Lembong.

Tom menduga tim debat cawapres Gibran melakukan kesalahan saat debat kempat kemarin sehingga kena teguran keras dari Gibran, Prabowo bahkan Jokowi.

Menurut Tom Lembong, yang paling membuat kebakaran tim Prabowo-Gibran adalah penampilan memukau Muhaimin Iskandar.

"Pertama kebakaran paling besar tentunya adalah bahwa di luar ekspektasi, Pak Muhaimin memenangkan debat tersebut," ujar Tom Lembong.

Editor: Agung Sandy Lesmana

Tag:  #bela #luhut #budiman #sudjatmiko #serang #balik #lembong #pemadam #kebakaran

KOMENTAR