Sosok Istri Abdullah Azwar Anas, Setia Dampingi Suami di Kala Diterpa Isu Tak Sedap
Ilustrasi Ipuk Fiestiandani. Sosok istri Abdullah Azwar Anas, Ipuk Fiestiandani. [Instagram @ipukfdani]
10:12
5 Oktober 2024

Sosok Istri Abdullah Azwar Anas, Setia Dampingi Suami di Kala Diterpa Isu Tak Sedap

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas disebut-sebut bakal masuk kabinet Prabowo-Gibran.

Isu ini berembus kencang menjelang pelantikan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden pada 20 Oktober 2024. Azwar Anas tidak mau menanggapi kabar burung tersebut. 

Kesuksesan Abdullah Azwar Anas ini tak lepas dari peran sang istri, Ipuk Fiestiandani. Siapakah sebenarnya sosok Ipuk yang setia mendampingi Anas?

Profil Istri Abdullah Azwar Anas

Baca Juga: Hukum Istri Umrah Tanpa Izin Suami, Apakah Sah Ibadahnya?

Abdullah Azwar Anas memiliki istri bernama Ipuk Fiestiandani yang kini menjabat Bupati Banyuwangi, Jawa Timur. 

Ipuk adalah anak dari Slamet Sutojo. Ia lahir di Candimulyo, Magelang pada 10 September 1974. Tak lama kemudian, keluarganya pindah ke Cempaka Putih, Jakarta. 

Di ibukota, Ipuk sekolah di taman kanak-kanak di TK Patra II, kemudian SD Negeri Cempaka Putih Barat II Pagi (lulus 1986), lalu selanjutnya masuk ke SMP Negeri 216 Jakarta dan SMA Negeri 68 Jakarta dan lulus pada 1992.

Setamat SMA, Ipuk melanjutkan pendidikan perguruan tinggi di IKIP Jakarta dan diselesaikannya pada tahun 1999. Selain itu, Ipuk pernah menjalani kursus pelayanan umum di Korea Selatan, Amerika Serikat, dan Eropa.

Ipuk lalu menikah dengan Abdullah Azwar Anas. Kesibukan Ipuk bertambah saat menyandang status sebagai istri Bupati Banyuwangi pada 2010 hingga 2021.

Baca Juga: Geledah Rumah Keluarga Eks Gubernur Malut, KPK Sita Uang dan Barang Elektronik

Rumah tangga Ipuk bersama Azwar Anas sempat diuji ketika beredar foto Azwar Anas bersama seorang wanita di dalam mobil. 

Foto ini muncul di masa Azwar Anas menjadi Calon Wakil Gubernur Jawa Timur mendampingi Calon Gubernur Jatim Syaifullah Yusuf alias Gus Ipul tahun 2018.

Ipuk menanggapi foto tersebut. Ia mengaku memercayai suaminya dan sebagai istri politisi harus siap menerima konsekuensi yang demikian, serta bahwa ia sudah sering menerima hal serupa.

Setelah Azwar Anas tidak lagi menjabat sebagai Bupati Banyuwangi, Ipuk memilih mencoba peruntungan di Pilkada Banyuwangi 2020 sebagai Calon Bupati. 

Ipuk berpasangan dengan Sugirah, seorang pengusaha dan politikus PDI Perjuangan. Pada Pilkada itu, pasangan Ipuk-Sugirah menang. 

Pasangan Ipuk Fiestiandani-Sugirah dilantik sebagai Bupati dan Wakil Bupati Banyuwangi 2021-2024 pada 26 Februari 2021 secara daring karena dalam suasana pandemi Covid-19. 

Pada Pilkada 2024 ini, Ipuk kembali maju sebagai Calon Bupati Banyuwangi berpasangan dengan Mujiono, mantan Sekda Banyuwangi. 

Editor: Wakos Reza Gautama

Tag:  #sosok #istri #abdullah #azwar #anas #setia #dampingi #suami #kala #diterpa #sedap

KOMENTAR