Tingkatkan Kualitas SDM, OIKN Berkolaborasi dengan Universitas Seoul
Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) saat menerima kunjungan dari Universitas Seoul Korea Selatan. (Sumber foto: ANTARA)
06:16
24 Januari 2024

Tingkatkan Kualitas SDM, OIKN Berkolaborasi dengan Universitas Seoul

 

 

Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan salah satu aspek penting dalam mencapai suatu tujuan. Pasalnya SDM juga mengacu pada potensi yang dimiliki oleh masing-masing individu.

Dalam rangka meningkatkan mutu SDM di Ibu Kota Nusantara (IKN), Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) melalui  Kedeputian Bidang Transformasi Hijau dan Digital mengajak Universitas Seoul, Korea Selatan untuk menjadi Knowledge Partner.

Dilansir dari ANTARA, kantor OIKN di Jakarta menerima kunjungan istimewa dari perwakilan Universitas Seoul pada Senin (22/2).

Kedua belah pihak berdiskusi mengenai program pendidikan lanjutan untuk pegawai IKN,  menjadi momen berharga dalam merajut kemitraan yang berfokus pada pengembangan SDM yang unggul.

“Kami (Otorita IKN) mengundang seluruh perguruan tinggi nasional dan internasional untuk menjadi Knowledge Partner dari Otorita Ibu Kota Nusantara,” ujar Prof. Mohammed Ali Berawi selaku Deputi Bidang Transformasi Hijau dan Digital OIKN di Jakarta pada Senin (22/1).

OIKN juga mengajak Universitas Seoul untuk turut andil dan terlibat dalam penelitian yang melibatkan berbagai bidang di IKN., yakni bidang energi, pangan, transportasi, sosial-humaniora, konservasi lingkungan, serta teknologi dan informatika.

Hal ini sebagai langkah serius menuju pembentukan sebuah ibu kota masa depan yang berkelanjutan, canggih, dan modern.

Sementara itu, Profesor Chunho Yeom dan Profesor Hyemin Park dari Universitas Seoul, didukung oleh tujuh mahasiswa praktisinya yang berbakat, menawarkan serangkaian program pendidikan lanjutan untuk SDM di Ibu Kota Nusantara.

Rangkaian program ini mencakup Master of Urban Administration and Planning, Master of Urban Development, serta Master of Infrastructure Planning and Development

Profesor Chunho Yeom juga memberikan apresiasi terhadap perkembangan Ibu Kota Nusantara yang sangat pesat. "Sudah sejak setahun yang lalu saya ke IKN, ternyata perkembangan IKN sangat pesat" ujarnya.

Selain bekerja sama dengan Universitas Seoul, OIKN juga bekerja sama dengan Universitas Nasional maupun Universitas Internasional lainnya.

Seperti kerjasama nasional dengan Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universitas Mulawarman, dan Institut Teknologi Bandung.

Sementara itu, kerjasama internasional lainnya juga dengan Stanford-Doerr University dan Northern Illinois University (AS), University of Turku (Finlandia), serta Leiden - Erasmus - Delft Universities (Belanda).***

 

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #tingkatkan #kualitas #oikn #berkolaborasi #dengan #universitas #seoul

KOMENTAR