Ganjar-Mahfud Ogah Lanjutkan Food Estate, Tapi Mau Bikin Program Ini
Petani menanam bibit singkong di areal lumbung pangan nasional 'food estate' di Tewai Baru, Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Sabtu (6/3/2021). [ANTARA FOTO/Makna Zaezar]
20:12
23 Januari 2024

Ganjar-Mahfud Ogah Lanjutkan Food Estate, Tapi Mau Bikin Program Ini

Sekretaris Eksekutif Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Heru Dewanto menyatakan pasangan Capres-Cawapres nomor urut tiga, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD tidak akan meneruskan program food estate yang dikerjakan Kementerian Pertahanan (Kemenhan) RI.

Ia menyebut Ganjar-Mahfud punya program lain yang bakal lebih efektif memajukan pertanian Indonesia.

Menurutnya, food estate terlalu kompleks untuk dijalankan lantaran cakupan yang terlalu luas.

"Jadi, kalau food estate jelas kita kritisi, kita tidak ingin melanjutkan food estate. Estate itu kan besar gitu kan, kompleks, pangan yang besar," ujar Heru dalam konferensi pers di Media Center TPN Ganjar-Mahfud, Jalan Cemara, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (23/1/2024).

Sebagai penggantinya, Ganjar-Mahfud berencana mengintegrasikan para petani kecil beserta lahannya.

Nantinya bila sudah tergabung, pertanian akan lebih matang dalam melakukan korporatisasi dan intensifikasi yang dikaitkan dengan ekosistem pangan yang ada.

"Makanya bukan food estate. Food estate itu kan, estate, besar, tapi konsepnya sama tapi lebih kecil dan kecil-kecil. Nah namanya mungkin lebih pas disebut sebagai ekosistem pangan terpadu di desa-desa," katanya.

"Tujuannya adalah mengubah atau mengangkat buruh tani menjadi pengusaha pertanian," tambahnya menjelaskan.

Dengan cara ini, maka para petani akan lebih sejahtera. Anak muda pedesaan juga akan lebih tertarik bertani atau masuk ke ekosistem beririsan karena menjanjikan pendapatan yang besar.

"Kemudian yang muda-muda bangga menjadi petani. Yang lebih senior nanti bisa ikut terlibat di dalam ekosistem tersebut, misalnya lewat peternakan," katanya.

Sebelumnya, pemerintah berencana untuk melakukan evaluasi terhadapa program food estate usai disindir program gagal dalam Debat Keempat Cawapres di JCC pada Minggu malam (21/1/2024).

Koordinator Stafsus Presiden Ari Dwipayana mengatakan, implementasi food estate memang tak sepenuhnya sempurna, untuk itu dirinya pun mengakui untuk agar ada evaluasi dalam program tersebut.

"Dalam implementasinya kan tentu ada evaluasi ya, perbaikan-perbaikan, penyempurnaan, itu terus berjalan ya supaya apa yang jadi cita-cita, jadi tujuan kebijakan itu bisa tercapai," kata Ari di kompleks Istana Negara, Jakarta, Senin (22/1/2024).

Kebijakan food estate, menurut Ari, dilakukan pemerintah untuk mensiasati ancaman krisisi pangan usai Pandemi Covid-19.

"Banyak negara yang kemudian menjadi negara gagal karena dia tidak mampu memenuhi kebutuhan pangannya, termasuk juga harga pangan itu melambung tinggi di pasaran dunia," katanya.

Editor: Chandra Iswinarno

Tag:  #ganjar #mahfud #ogah #lanjutkan #food #estate #tapi #bikin #program

KOMENTAR