PDIP Tunjuk Bambang Pacul Jadi Wakil Ketua MPR RI
Politisi PDIP Ahmad Basarah (Suara.com/Bagaskara Isidiansyah)
02:32
3 Oktober 2024

PDIP Tunjuk Bambang Pacul Jadi Wakil Ketua MPR RI

PDI Perjuangan memutuskan Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul untuk bertugas menjadi Wakil Ketua MPR RI periode 2024-2029.

Tugas Bambang Pacul tersebut meneruskan dari Ahmad Basarah.

"Nah, dalam rangka tour of duty maka yang akan melanjutkan pimpinan MPR berikutnya dari fraksi PDIP adalah senior partai yang sudah cukup lama berdinamika dan berdialetika di DPR ini ya, sudah lebih 20 tahun dan saatnya beliau hijrah ke lembaga mpr menjadi wakil ketua MPR, nama tokoh senior partai tersebut adalah Ir Bambang Wuryanto," kata Ketua Fraksi PDIP MPR RI, Ahmad Basarah di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (2/10/2024).

Basarah sendiri menyadari bahwa dirinya sudah menjabat Wakil Ketua MPR RI selama dua periode. Untuk itu, kata dia, diperlukan adanya regenerasi kepemimpinan.

Baca Juga: TOK! Ahmad Muzani Jadi Ketua MPR RI, Rapat Pelantikan MPR Digelar Kamis Pagi

"Oke jadi begini dari DPP PDIP sudah memutuskan setelah menugaskan saya sebagai wakil ketua MPR RI selama 2 periode berturut-turut, wakil ketua MPR 2014-2019 dan 2029-2024 maka saatnya belaku asas bergliran," katanya.

Sebelumnya, Rapat paripurna MPR RI akhirnya disepakati untuk digelar Kamis (3/10/2024) pagi. Dalam rapat juga disepakati nama kader Gerindra, Ahmad Muzani bakal dilantik sebagai Ketua MPR RI besok.

"Pada malam hari ini tanggal 2 Oktober 2024 rapat gabungan pimpinan MPR dari fraksi-fraksi kelompok DPD fraksi MPR dari Kelompok DPD yang dipimpin oleh pimpinan sidang sementara, telah menyepakati secara musyawarah mufakat bahwa calon ketua MPR yang telah disepakati dalam rapat gabungan ini, adalah calon yang diusulkan dari Fraksi Partai Gerindra, namanya adalah sahabat saya kolega saya di pimpinan MPR periode yang kemarin, namanya bapak H Ahmad Muzani," kata Ketua Fraksi PDIP MPR RI, Ahmad Basarah di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (2/10/2024).

Nantinya, Muzani akan dilantik bersama 8 pimpinan MPR RI yang akan mendampingi. Mereka terdiri dari fraksi-fraksi partai dan satu unsur DPD RI.

Namun, hingga kekinian DPD RI masih terus melakukan pembahasan hingga malam ini untuk menentukan siapa yang akan menjadi Wakil Ketua MPR RI.

Baca Juga: DPD Masih Alot Tentukan Wakilnya, Rapat Pelantikan Pimpinan MPR RI Tak Digelar Malam Ini?

"Beliau akan didampingi oleh 8 para wakil ketua MPR yang telah ditetapkan oleh masing-masing fraksi-fraksi politik di MPR, yang masih menunggu calon wakil ketua MPR adalah dari unsur kelompok DPD RI yang mereka masih rapat pada malam ini untuk menentukannya," tuturnya.

Dengan alasan DPD RI yang masih alot, akhirnya diputuskan agar rapat paripurna pelantikan MPR RI digelar Kamis (3/10) besok.

"Dengan demikian, rapat paripurna tanggal 3 Oktober 2024 pukul 10 pagi besok tinggal menetapkan susunan pimpinan MPR yang baru yang dipimpin oleh H Ahmad Muzani didampingi oleh 8 wakil ketua MPR RI dari fraksi-fraksi partai politik dan kelompok DPD RI yang akan ditetapkan besok," tuturnya.

"Jadi dengan demikian besok pukul 10.00 pagi kita harapkan teman-teman media dapat datang dan meliput untuk menyebarkan kepada seluruh rakyat Indonesia bsok akan terbentuk pimpinan MPR yang baru," katanya.

Editor: Chandra Iswinarno

Tag:  #pdip #tunjuk #bambang #pacul #jadi #wakil #ketua

KOMENTAR