Bukan Orang Baru, Ketua DPR RI 2024-2029 Ternyata Wajah Lama?
Puan Maharani - Siapa Ketua DPR RI 2024? (Instagram/puanmaharani)
20:12
2 Oktober 2024

Bukan Orang Baru, Ketua DPR RI 2024-2029 Ternyata Wajah Lama?

DPR RI dan DPD RI secara resmi memutuskan para tokoh yang akan memimpin lembaganya masing-masing periode tahun 2024-2029. Pemilihan pimpinan DPR RI dan pimpinan DPD RI sendiri dilakukan pada Selasa (1/10/2024) di Kompleks DPR/MPR, Jakarta. Lantas siapa ketua DPR RI 2024?

Mengacu pada Undang-undang Nomor 2 Tahun 2018 tentang MPR DPR, DPR, DPRD (UU MD3), para pimpinan, termasuk ketua DPR RI diangkat oleh parpol yang pemegang kursi terbanyak. Sementara itu, sebanyak 580 anggota DPR telah menyetujui calon yang diajukan oleh 5 partai politik pemegang kursi terbanyak. Sementara itu, wakil DPR RI dipilih dari partai yang memperoleh suara terbanyak kedua, ketiga, keempat, dan kelima.

Siapa Ketua DPR RI 2024?

Berdasarkan hasil sidang paripurna masa awal yang digelar di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat pada Selasa kemarin, menetapkan politikus PDIP, Puan Maharani kembali terpilih menjadi Ketua DPR periode 2024-2029.

Baca Juga: Dilantik Jadi Anggota DPR, Pinka Haprani Anak Puan Maharani Punya Harta Rp38 M

Setelah disetujui, Puan lengsung disumpah oleh Ketua Mahkamah Agung (MA), Muhammad Syarifuddin. Dengan terpilihnya anak dari Presiden ke-5 RI, Megawati Soekarnoputri itu telah menjabat sebagai Ketua DPR RI untuk kedua kalinya.

Sebagaimana diketahui, Puan sebelumnya menjabat sebagai Ketua DPR untuk periode 2019-2024 dan jadi pimpinan legislatif perempuan pertama di Indonesia.

Profil dan Biodata Puan Maharani

Puan Maharani memiliki nama lengkap Puan Maharani Nakshatra Kusyala Devi. Perempuan yang aktif di dunia politik ini lahir di Jakarta pada tanggal 6 September 1973. Ia merupakan putri dari Presiden ke-5, Megawati Soekarnoputri, serta cucu dari Presiden pertama Indonesia, Soekarno.

Berbekal latar belakang keluarga yang memiliki sejarah panjang dalam dunia politik di Indonesia, tak dipungkiri jika Puam tumbuh dalam lingkungan yang mendorongnya untuk terjun di bidang yang sama. Bahkan kini, Puan jadi salah satu tokoh perempuan yang memiliki pengaruh besar dalam dunia politik Indonesia.

Baca Juga: Usai Puan Jabat Ketua DPR, PDIP Diprediksi Gabung Pemerintahan Prabowo Sejak Awal atau di Tengah Jalan

Pendidikan dan karier politik

Puan lulusan Universitas Indonesia dengan mengambil jurusan Komunikasi Massa dan meraih gelar Sarjana (S1) pada tahun 1997. Setelah menyelesaikan studinya itu, Puan mulai terlibat dalam bidang politik dengan bergabung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), partai politik yang didirikan oleh ibunya sendiri Megawati.

Puan Maharani mengawali kariernya sebagai anggota DPP KNPI Bidang Luar Negeri di tahun 2006. Karier politiknya itu kian mendapat perhatian pada tahun 2009 saat ia terpilih sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dari Fraksi PDI-P usai memperoleh suara terbanyak di wilayah Jawa Tengah yaitu Surakarta, Sukoharjo, Klaten, dan Boyolali.

Kemudian pada Pemilu 2014, Puan kembali terpilih menjadi anggota DPR dengan perolehan suara yang signifikan. Bahkan di tahun yang sama, ia dipercaya menjadi Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) dalam kabinet Presiden Joko Widodo.

Selanjutnya pada tahun 2019, Puan Maharani berhasil mencatat sejarah baru dalam karier politiknya dengan menjadi Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) periode 2019-2024. Ia menjadi perempuan pertama yang menjabat posisi tertinggi di DPR dalam sejarah politik Indonesia.

Citra publik dan kontroversi

Sebagai salah satu tokoh politik yang terkemuka di Indonesia, Puan Maharani tak lepas dari beragam kontroversi. Sejumlah keputusan politik yang diambilnya, baik saat menjabat sebagai Menko PMK atau sebagai Ketua DPR, kerap kali jadi bahan perdebatan di kalangan masyarakat hingga pengamat politik.

Salah satu isu yang sempat jadi perhatian adalah terkait pembahasan dan pengesahan beberapa undang-undang yang akhirnya menuai protes dari masyarakat, misalnya saja saat pengesahan Undang-Undang Cipta Kerja. Meski begitu, Puan tetap menjadi sosok yang kuat di bidang politik nasional.

Kehidupan pribadi

Di luar kariernya dalam bidang politik, Puan Maharani menjalani kehidupan pribadi yang relatif tertutup. Namun diketahui ia menikah dengan pengusaha Hapsoro Sukmonohadi pada tahun 1998. Dari pernikahan itu, pasangan ini dikaruniai dua orang anak bernama Diah Pikatan Orissa Putri Hapsari dan Praba Diwangkata Caraka Putra Soma.

Susunan Pemimpin DPR RI 2024/2029

Penetapan pimpinan DPR 2024/2029 sesuai Pasal 427 d ayat 1 UU Nomor 2 Tahun 2018 tentang Perubahan Kedua atas UU Nomor 17 Tahun 2014 tentang MD3. Berikut ini adalah susunan pimpinan DPR periode 2024-2029:

  1. Ketua: Puan Maharani (PDIP)
  2. Wakil Ketua: Adies Kadir (Golkar)
  3. Wakil Ketua: Sufmi Dasco Ahmad (Gerindra)
  4. Wakil Ketua: Saan Mustopa (NasDem)
  5. Wakil Ketua: Cucun Ahmad Syamsurijal

Itu tadi ulasan mengenai siapa ketua DPR RI 2024. Berdasarkan keputusan dalam sidang Paripurna, Puan Maharani kembali maju jadi ketua DPR RI 2024/2029.

Kontributor : Putri Ayu Nanda Sari

Editor: M. Reza Sulaiman

Tag:  #bukan #orang #baru #ketua #2024 #2029 #ternyata #wajah #lama

KOMENTAR