Beda Gaya Mahfud MD dan Prabowo Usai Memanas di Acara Debat, Ada yang Sambut Salam dan Cipika Cipiki Ada Juga yang Kabur
Momen cipika cipiki Mahfud MD dengan Gibran Rakabuming Raka. [metrotv/YouTube]
15:00
23 Januari 2024

Beda Gaya Mahfud MD dan Prabowo Usai Memanas di Acara Debat, Ada yang Sambut Salam dan Cipika Cipiki Ada Juga yang Kabur

Suasana panas kembali tersaji di debat kedua cawapres yang dihelat Minggu (21/1/2024) lalu. Salah satu momennya ketika Gibran Rakabuming Raka berteatrikal clingak-clinguk saat mencari jawaban Mahfud MD. 

Mulanya Gibran Rakabuming Raka yang mendapat giliran bertanya dalam sesi tanya jawab melontarkan pertanyaan mengenai greenflation kepada Mahfud MD. 

"Bagaimana cara mengatasi Greenflation?" tanya Gibran.

Belum sempat menjawab, Mahfud MD mempertanyakan kepada moderator soal aturan penggunaan istilah dalam debat yang wajib disertai penjelasannya. 

Gibran pun menanggapi sengaja tak memberi penjelasan karena yang dihadapinya seorang profesor. 

"Ini tadi tidak saya jelaskan karena kan beliau kan seorang profesor, oke Greenflation adalah inflasi hijau sesimpel itu," terang Gibran. 

Tapi seusai Mahfud MD menjelaskan mengenai greeninflation yang dipahaminya, sepertinya tak membuat Gibran puas dengan jawaban tersebut. 

Ia lantas berteatrikal dengan melakukan gerakan seolah mencari sesuatu yang tak ketemu. 

"Saya lagi nyari jawabannya Prof Mahfud, saya nyari-nyari ini jawabannya dimana ini kok ngga ketemu, saya tanya masalah inflasi hijau kok malah menjelaskan ekonomi hijau. Prof Mahfud soal Greenflation itu saya kasih contohnya demo rompi kuning di Prancis sudah memakan korban, jangan sampai terjadi di Indonesia. Ini kita belajar dari negara maju, intinya transisi menuju energi hijau itu harus super hati-hati jangan sampai malah membebankan proses transisi yang mahal ini kepada masyarakat," tanggap Gibran. 

Merespon jawaban Gibran itu, Mahfud MD juga ikut mencari-cari inti yang dijelaskan cawapres 03. 

Tak cuma itu Mahfud MD juga menyebut bahwa pertanyaan yang diajukan Gibran merupakan recehan. 

Belakangan, meski sempat memanas, ketika acara debat cawapres usai, Mahfud MD bersikap santai.

Ia menyambut uluran tangan Gibran untuk salaman, bahkan ia berinisiatif melakukan cipika cipiki dengan putra sulung Jokowi tersebut. 

Tak hanya itu, Mahfud MD juga menghampiri Prabowo yang sedang beranjak naik ke podium untuk bersalaman dan cipika cipiki. 

Momen ini berbeda dengan debat capres sebelumnya yang juga memanas. Dimana saat itu Prabowo yang diduga kesal dengan sejumlah pernyataan Anies Baswedan langsung melengos turun dari podium usai salaman dengan Ganjar dan Mahfud MD. 

Seusai debat Prabowo menyebut bahwa alasannya tak bersalaman karena ia merasa lebih senior sehingga seharusnya Anies yang menghampiri. 

"Dia ngga dateng ke saya. Saya lebih senior dari dia," kata Prabowo.

Sementara itu Anies Baswedan mengaku sempat mencari Prabowo tapi tak ketemu saat itu.

"Gini kalo yang terakhir sesudah selesai saya mencari tapi ngga ada jadi harus kemana salaman," jawab Anies.  

Editor: Galih Priatmojo

Tag:  #beda #gaya #mahfud #prabowo #usai #memanas #acara #debat #yang #sambut #salam #cipika #cipiki #juga #yang #kabur

KOMENTAR