Cek Fakta: Tidak Ada Kementerian BUMN di Kabinet Prabowo Subianto
Prabowo Subianto (Instagram/Prabowo)
16:32
23 September 2024

Cek Fakta: Tidak Ada Kementerian BUMN di Kabinet Prabowo Subianto

Beredar unggahan di media sosial X, dari akun @OniMeniq74, yang menyatakan bahwa di dalam kabinet Presiden Terpilih Prabowo Subianto tidak akan ada Kementerian BUMN, melainkan akan digantikan dengan Badan Usaha Milik Negara yang dipimpin oleh Kepala Badan Usaha Milik Negara.

Berikut narasi dalam unggahan tersebut:

“Sepertinya di kabinet Prabowo kementerian BUMN gak ada ya ? Kog yg ada Kepala Badan Usaha Milik Negara ? Terus nasib komisariat2 giveaway itu amankah ?”

Unggahan tersebut disertai dengan gambar susunan kabinet yang tidak mencantumkan nama Kementerian BUMN atau Menteri BUMN. Namun, benarkah klaim tersebut?

Baca Juga: Cek Fakta: Benarkah PPATK Siap Berikan Bukti Jet Kaesang

Setelah dilakukan penelusuran, klaim ini tidak memiliki dasar yang valid. Mengutip dari Antaranews.com, Sekretaris Jenderal Partai Gerindra, Ahmad Muzani, menyatakan bahwa hingga saat ini susunan kabinet Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka belum diumumkan secara resmi, dan ia tidak dapat mengkonfirmasi atau membantah nama-nama yang beredar di media sosial. Muzani menekankan bahwa susunan kabinet adalah hak prerogatif Presiden Terpilih.

Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad, dalam Detiknews.com, juga menyebut bahwa daftar nama yang beredar di media sosial hanyalah bagian dari dinamika dan spekulasi publik. Ia mengingatkan bahwa pengumuman resmi terkait kementerian akan ditentukan oleh Presiden Terpilih, dan belum ada informasi resmi mengenai nomenklatur kementerian.

“Ya namanya juga banyak sekali sekarang ini di medsos berseliweran nama-nama menteri. Dan ini kita anggap aja sebagai sebuah dinamika dan aspirasi. Dan oleh karena itu kami tidak mau mengomentari apalagi kemudian menyampaikan nomenklatur kementerian, atau sudah sejauh mana, karena soal kementerian itu adalah hak prerogatif daripada Bapak Presiden Terpilih, Pak Prabowo Subianto,” kata Dasco.

Selain itu, tidak ada bukti yang mendukung klaim bahwa Menteri BUMN akan digantikan oleh Kepala Badan Usaha Milik Negara. Hingga saat ini, Kementerian BUMN masih merupakan lembaga resmi yang menangani urusan BUMN, dan dipimpin oleh seorang Menteri BUMN.

Kesimpulan:

Baca Juga: Jomplang Banget, Budaya Baca Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Jadi Gunjingan Netizen

Klaim bahwa di kabinet Presiden Terpilih Prabowo Subianto tidak akan ada Kementerian BUMN dan akan digantikan dengan Kepala Badan Usaha Milik Negara adalah tidak benar. Informasi tersebut merupakan klaim menyesatkan yang belum dapat dibuktikan kebenarannya.

Editor: Bella

Tag:  #fakta #tidak #kementerian #bumn #kabinet #prabowo #subianto

KOMENTAR