Pilot Susi Air Philip Mehrtens Dibebaskan Usai 19 Bulan Disandera OPM, Satgas Damai Cartenz: Kondisi Sehat
Pilot Susi Air Philip Mehrtens Dibebaskan oleh OPM (Dok. Polri)
13:16
21 September 2024

Pilot Susi Air Philip Mehrtens Dibebaskan Usai 19 Bulan Disandera OPM, Satgas Damai Cartenz: Kondisi Sehat

Pilot Susi Air Philip Mehrtens akhirnya dibebaskan kelompok Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM). Pilot asal Selandia Baru itu sempat disandera TPNPB-OPM pimpinan Egianus Kogoya selama 19 bulan sejak 7 Februari 2023 lalu.

Kaops Damai Cartenz 2024 Brigjen Faizal Ramadhani mengatakan Philip telah dijemput tim gabungan TNI-Polri di Kampung Yuguru, Distrik Maibarok, Kabupaten Nduga dan langsung diterbangkan menuju Mako Brimob Batalyon B/Timika pada Sabtu (21/9/2024) hari ini.

"Kami mengedepankan pendekatan melalui tokoh agama, tokoh gereja, tokoh adat dan keluarga dekat dari Egianus Kogoya," kata Faizal. 

Pilot Susi Air Philip Mehrtens Dibebaskan oleh OPM (Dok. Polri)Pilot Susi Air Philip Mehrtens Dibebaskan oleh OPM (Dok. Polri)

Sementara Kasatgas Humas Operasi Damai Cartenz 2024 Kombes Bayu Suseno menyebut Philip kekinian telah tiba di Mako Brimob Batalyon B/Timika. Ia memastikan kondisi yang bersangkutan dalam keadaan sehat.

Baca Juga: Komplotan OPM Pembunuh Pilot Glen Asal Selandia Baru Diduga 5 Orang: 4 Pegang Senpi, 1 Bawa Parang

"Kami berhasil menjemput Pilot Philip dalam keadaan sehat," katanya.

Kendati begitu, Bayu memastikan pihaknya akan melakukan pemerkosaan psikologis Philip. Terkait detail daripada kronologi pembebasan ini akan disampaikan dalam waktu dekat. 

"Setelah dilakukan mitigasi, akan dilanjutkan dengan konferensi pers," pungkasnya. 

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #pilot #susi #philip #mehrtens #dibebaskan #usai #bulan #disandera #satgas #damai #cartenz #kondisi #sehat

KOMENTAR