Pasrah Bukan dari PDIP, Begini Reaksi Pramono usai Jokowi Tunjuk Pratikno jadi Plt Seskab
Pramono Anung usai acara perpisahan dengan jajaran Setkab di Gedung Krida Bhakti, Jakpus. (Suara.com/Novian)
13:36
20 September 2024

Pasrah Bukan dari PDIP, Begini Reaksi Pramono usai Jokowi Tunjuk Pratikno jadi Plt Seskab

Pramono Anung mengaku tidak masalah bila Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Sekretaris Kabinet yang baru dari luar PDI Perjuangan, sebagai pengganti dirinya. Penyataan itu disampaikan setelah Pramono memilih mengundurkan diri sebagai Seskab demi maju di Pilkada Jakarta 2024.

"Oh gak apa-apa," singkat Pramono seusai acara perpisahan dengan jajaran Setkab di Gedung Krida Bhakti, Jakarta Pusat, Jumat (20/9/2024).

Pramono menegaskan saat ini Jokowi sudah menujuk Pratikno sebagai pengganti dirinya. Diketahui Menteri Sekretaris Negara itu ditunjuk sebagai pelaksana tugas atau Plt Seskab.

Pramono berkeyakinan Pratikno sebagai Plt yang akan menyelesaikan tugas-tugas Seskab di sisa masa pemerintahan Jokowi yang tinggal satu bulan.

Baca Juga: Jumatan di Masjid Hasyim Asyari Jakbar, Pramono Mendadak Dikerumuni Anak-anak Berebut Salim

"Ini kan tinggal 20 hari dari sekarang dan saya yakin lah karena Plt-nya sudah ditunjuk maka Plt yang akan menyelesaikan ini," kata Pramono.

Sementara itu, terkait pekerjaan apa saja yang ditinggalkan di Seskab, Pramono mengeklaim semua pekerjaan sudah berjalan sesuai sistem.

"Ya relatif sistemnya sudah berjalan dengan baik, termasuk approval atau persetujuan terhadap permen, peraturan kepala lembaga paling itu saja yang mesti diselesaikan. Tetapi yang menyangkut TPA yang keluarannya adalah keppres-keppres relatif sudah diselesaikan," kata Pramono.

Segera Pamit ke Jokowi

Pramono mengaku akan berpamitan secara langsung dengan Presiden Jokowi setelah memilih mundur dari jabatan Sekretaris Kabinet (Seskab) per 22 September 2024.

Baca Juga: Bocor Nama Taipan Gang Ye hingga Darwin Indigo di Manifes Pesawat Jet Kaesang, Publik: Sengaja Jor-joran Service...?

Meski terhitung mundur pada 22 September, diketahui Jokowi sudah meneken Keppres terkait pemberhentian Pramono.

"Saya akan pamit langsung dan saya sudah menyampaikan kepada beliau kalau sekarang kan beliau ada di Surabaya," kata Pramono usai acara pamitan dengan jajaran pejabat dan pegawai dan Setkab di Gedung Krida Bhakti, Jakarta Pusat, Jumat (20/9/2024).

Pramono menyampaikan agenda berpamitan dengan Jokowi menunggu presiden kembali ke Jakarta usai kunjungan kerja ke wilayah.

"Kalau nanti beliau kembali saya akan segera menghadap tapi saya tentunya masih berkomunikasi," kata Pramono.

Teken Keppres Ganti Pramono Anung

Sebelumnya, Jokowi memastikan sudah meneken Keppres terkait pemberhentian Pramono Anung sebagai Seskab.

"Iya sudah saya tanda tangan," ujar Jokowi di Boyolali, Jawa Tengah, Kamis (19/9/2024).

Jokowi lantas bicara mengenai penetapan Seskab definitif.

Sebelumnya, Jokowi telah menunjuk Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno menjadi pelaksana tugas Seskab. Jokowi menegaskan penetapan Seskab definitif pengganti Pramono masih dalam proses. Hal ini ia sampaikan merespons pertanyaan apakah akan ada Seskab definitif?

"Masih dalam proses," kata Jokowi.

Jokowi menegaskan jawaban serupa saat ditanya kembali apakah akan ada Seskab definitif atau tidak.

"Masih dalam proses. Wong kurang sebulan. Tapi masih dalam proses semuanya," kata Jokowi.

Editor: Agung Sandy Lesmana

Tag:  #pasrah #bukan #dari #pdip #begini #reaksi #pramono #usai #jokowi #tunjuk #pratikno #jadi #seskab

KOMENTAR